Metode Grambayangan Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Tari Prawira Watang di Jurusan Seni Tari Isi Surakarta

Authors

  • Mega Cantik Putri Aditya Universitas Tanjungpura
  • Aline Rizky Oktaviari Satrianingsih Universitas Tanjungpura
  • Regaria Tindarika Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13496

Abstract

Proses pembelajaran dalam bidang apapun selalu didasari metode dan sistem yang terukur, baik itu dalam pendidikan praktik mapun teoritis. Penelitian ini membahas tentang metode grambyangan pada sistem pendidikan tari Prawira Watang di Jurusan Seni Tari ISI Surakarta. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah, metode tersebut secara sadar dan tidak sadar telah menjadi fenomena alami yang berlangsung lama, namun belum masuk ke dalam bagian sistem pendidikan yang tertulis secara ilmiah. Selain itu, model grambyangan merupakan metode unggulan dalam wilayah mata kuliah praktik utamanaya pada mata kuliah tari Prawira Watang. Hal yang ingin dijelaskan dari penelitian ini adalah model grambyangan pada mata kuliah tari Prawira Watang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Perangkat analisis yang diguanakan dalam mengungap permasalahan adalah pemikirannya Komarudin tentang sistem pendidikan yang dieksplanasi menjadi beberapa bagian pembahasan: ruang lingkup pendidikan tari Prawira Watang, grambyangan sebagai salah satu model sistem pembelajaran mata kulaih praktik tari Prawira Watang. Hasil analisis disimpulkan dan ditemukan bahwa, metode grambyangan menjadi metode unggulan dan memiliki tiga dimensi penting di dalamnya, meliputi: aspek refleksi materi perkuliahan, ungkapan imajinasi, serta gambran kongkret pra ujian.

Downloads

Published

2023-04-03

How to Cite

Putri Aditya, M. C. ., Satrianingsih, A. R. O. ., & Tindarika, R. . (2023). Metode Grambayangan Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Tari Prawira Watang di Jurusan Seni Tari Isi Surakarta. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2597–2604. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13496

Most read articles by the same author(s)