Video Youtube dalam Proses Pembelajaran dengan chatGPT

Authors

  • Efron Manik Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Yanti Marbun Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Rebika Afrina Br Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Ratio Julianci Simarmata Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13476

Abstract

Video Youtube sangat membantu proses pembelajaran selama pandemik covid-19. ChatGPT digunakan mengumpulkan pengetahuan tentang penggunaan video Youtube dalam proses pembelajaran tahun 2021 atau sebelumnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana chatGPT dapat membantu membuat artikel dengan judul Video Youtube dalam Proses Pembelajaran selama pandemi Covid-19. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. ChatGPT diminta untuk membuat artikel untuk setiap sub bab artikel. Artikel yang dihasilkan diselidiki untuk bagian pendahuluan, rumusan masalah, metode penelitian, hasil dan pembahasan, dan daftar pustaka. Hasilnya adalah teknologi ini sangat membantu untuk membuat artikel bermutu. ChatGPT versi 3.0 telah terbukti dapat menghasilkan artikel yang baik jika peneliti memberikan pokok pikiran pada setiap paragraf dan memberikan data hasil penelitian. Namun, penggunaan chatGPT harus tetap dibarengi dengan peran penting dari penulis dalam melakukan pengeditan dan revisi pada artikel. Hal ini dapat memaksimalkan potensi chatGPT dalam membantu penulis dalam menciptakan artikel yang berkualitas tinggi. Kata Kunci: Video Youtube, proses pembelajaran, artikel, chatGPT.

Downloads

Published

2023-02-04

How to Cite

Efron Manik, Marbun, Y. ., Simanjuntak, R. A. B., & Simarmata, R. J. . (2023). Video Youtube dalam Proses Pembelajaran dengan chatGPT. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2297–2303. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13476