Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Inkuiri di Kelas V SD

Authors

  • Anindi Putri Universitas Negeri Padang
  • Muhammadi Muhammadi Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13475

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Inkuiri di kelas V SD Negeri 05 Koto Tuo Kabupaten Lima Puluh Kota.Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 05 Koto Tuo Kabupaten Lima Puluh Kota dengan subjek penelitiannya adalah guru beserta siswa di kelas V. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitiannya Penelitian Tindakan Kelas(PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dilaksanakan 2 pertemuan dan siklus II dilaksankan 1 pertemuan.Hasil penelitian dilihat dari aspek Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di siklus I diperoleh rata-rata 80,50%(B) dan pada siklus II meningkat menjadi 97,22%(A). Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I diperoleh rata-rata yaitu 82,81%(B), dan pada siklus II meningkat menjadi 93,75%(A). Aspek peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 79,68(C), dan pada siklus II meningkat menjadi 90,62%(A). Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 76,02 dan pada siklus II meningkat menjadi 92,57.Dengan demikian model Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Putri, A. ., & Muhammadi, M. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Inkuiri di Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2159–2165. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13475