Gaya Kepemimpinan Dalam Pengelolaan Pembiayaan Pada Lembaga Pendidikan Islam Swasta (Gaya Kepemimpinan Visioner)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13470Abstract
Karena tidak mungkin sebuah madrasah dapat berfungsi secara efektif dan menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas tanpa adanya pengawas profesional yang terampil, peran pengawas madrasah dengan gaya kepemimpinan visioner sangat mendukung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kontribusi pengawas madrasah dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia madrasah. Metode penelitian kualitatif dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, wawancara, dan observasi sebagai metode pengumpulan data. Pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan adalah bagian dari analisis data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa peran pengawasan telah efektif digunakan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia madrasah, seperti melakukan penilaian kinerja guru di bawah pengawasan langsung Kepala Madrasah dan melakukan penilaian tahunan. Kepala masjid. Peran pengawas madrasah dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia madrasah adalah menjaga dan membimbing guru melalui supervisi akademik atau manajerial madrasah. Peran drasa yang paling penting adalah meningkatkan profesionalisme guru dengan membina dan mengembangkan sumber daya guru sendiri dan meningkatkan pembelajaran di kelas yang berkualitas. Ketaatan guru dan kepala madrasah, serta adanya program kerja madrasah dengan kegiatan supervisi merupakan faktor pendukung supervisi. Faktor Penghambat Pengawasan Pengawasan Banyaknya kegiatan yang menumpuk berlebihan saat membuat program kerja Madrasahdrasah Aliyah. Oleh karena itu, ketika tiba waktunya pengawas untuk mengawasi madrasah, banyak yang disibukkan dengan kegiatan.Downloads
Published
2023-04-12
How to Cite
Hartati, S., Ali, I. ., & Murtafiah, N. H. (2023). Gaya Kepemimpinan Dalam Pengelolaan Pembiayaan Pada Lembaga Pendidikan Islam Swasta (Gaya Kepemimpinan Visioner). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4081–4090. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13470
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Suci Hartati, Ismun Ali, Nurul Hidayati Murtafiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).