Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja pada Mahasiswa Semester Akhir
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13466Abstract
Mahasiswa semester akhir langsung memasuki dunia kerja setelah menyelesaikan perkuliahannya di perguruan tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan kecemasan dalam menghadapi dunia pekerjaan pada mahasiswa semester akhir. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik Insidental. Sampel dalam penelitian ini adalah 169 orang mahasiswa semester akhir yang berdomisi atau berasal dari Medan dan sekitarnya. Penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasi spearman. Variabel dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan dua skala yaitu Career Anxiety Scale (CAS) dan skala Kepercayaan diri Lauster. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terdapat hubungan negatif antaran kepercayaan diri dengan kecemasan dalam menghadapi dunia pekerjaan pada mahasiswa semester akhirDownloads
Published
2023-04-14
How to Cite
Helen Yulia Wilfrida, & Maria Nugraheni Mardi Rahayu. (2023). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja pada Mahasiswa Semester Akhir. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4303–4307. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13466
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Helen Yulia Wilfrida, Maria Nugraheni Mardi Rahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).