A Task-Based Instruction in EFL Classroom

Authors

  • Pipit Ertika Daristin Universitas Hasyim Asy’ari

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13465

Abstract

Analisis wacana bahasa, baik lisan maupun tulisan, terbukti sangat membantu dan menginspirasi dalam pengajaran linguistik dan bahasa Inggris. Analisis ini idealnya dapat diterapkan pada berbagai instruksi pengajaran bahasa; salah satunya adalah instruksi berbasis tugas. Instruksi berbasis tugas diyakini sebagai pendekatan komunikatif untuk pengajaran bahasa, menggunakan keberhasilan penyelesaian "tugas" komunikatif sebagai prinsip pengorganisasian utamanya. Studi ini secara umum mengkaji instruksi berbasis tugas melalui analisis wacana, peran guru sekolah kejuruan kelas X, tujuan pengajaran, dan kemampuan siswa. Melalui observasi kelas, analisis wacana, dan wawancara guru, penelitian ini menunjukkan pentingnya pembicaraan guru dalam melibatkan siswa dalam belajar bahasa dan tugas, tujuan menyeluruh dari instruksi berbasis tugas. Beberapa implikasi untuk pengajaran dalam program pengajaran berbasis tugas dan pengembangan profesional guru muncul dari penelitian ini.

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Daristin, P. E. . (2023). A Task-Based Instruction in EFL Classroom. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2150–2158. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13465