Peningkatan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 3 Yogyakarta Melalui Metode Layanan Bimbingan Klasikal dengan Teknik Experential Learning di Era Pasca Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13460Abstract
Motivasi belajar sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan terkhususnya bagi peserta didik dalam proses belajar. Tujuan dari penelitian ini: (1)Menjelaskan perbedaan signifikan dalam peningkatan motivasi belajar siswa SMP N 3 Yogyakarta antar siklus dengan menggunakan teknik experential learning. (2)Mengidentifikasi peningkatan motivasi belajar siswa SMP Negeri 3 Yogyakarta antar siklus dengan menggunakan teknik experential learning. (3)Mendeskripsikan cara meningkatkan motivasi belajar Siswa SMP N 3 Yogyakarta dalam siklus-siklus dengan menggunakan teknik experential learning. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK). Metode pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Aktivitas di dalam siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Yogyakarta sebanyak 29 orang. Hasil penelitian dengan menggunakan statistical product and services solution (SPSS) 22 menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar peserta didik mengalami peningkatan dari implementasi tindakan siklus I hingga siklus III.Downloads
Published
2023-04-06
How to Cite
Ramti, A. ., & Setyadi, D. . (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 3 Yogyakarta Melalui Metode Layanan Bimbingan Klasikal dengan Teknik Experential Learning di Era Pasca Pandemi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2817–2828. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13460
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Agnes Ramti, Dendy Setyadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









