Peningkatan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 3 Yogyakarta Melalui Metode Layanan Bimbingan Klasikal dengan Teknik Experential Learning di Era Pasca Pandemi

Authors

  • Agnes Ramti Universitas Sanata Dharma
  • Dendy Setyadi Universitas Sanata Dharma

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13460

Abstract

Motivasi belajar sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan terkhususnya bagi peserta didik dalam proses belajar. Tujuan dari penelitian ini: (1)Menjelaskan perbedaan signifikan dalam peningkatan motivasi belajar siswa SMP N 3 Yogyakarta antar siklus dengan menggunakan teknik experential learning. (2)Mengidentifikasi peningkatan motivasi belajar siswa SMP Negeri 3 Yogyakarta antar siklus dengan menggunakan teknik experential learning. (3)Mendeskripsikan cara meningkatkan motivasi belajar Siswa SMP N 3 Yogyakarta dalam siklus-siklus dengan menggunakan teknik experential learning. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK). Metode pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Aktivitas di dalam siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Yogyakarta sebanyak 29 orang. Hasil penelitian dengan menggunakan statistical product and services solution (SPSS) 22 menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar peserta didik mengalami peningkatan dari implementasi tindakan siklus I hingga siklus III.

Downloads

Published

2023-04-06

How to Cite

Ramti, A. ., & Setyadi, D. . (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 3 Yogyakarta Melalui Metode Layanan Bimbingan Klasikal dengan Teknik Experential Learning di Era Pasca Pandemi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2817–2828. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13460