Formulasi Kebijakan Pendidikan di Pondok Pesantren Hidayatul Muhsinin Kubu Raya
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1341Keywords:
Formulasi, Adopsi & Kebijakan PendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan formulasi dan adopsi kebijakan pendidikan yang dilakukan di pondok pesantren Hidayatul Muhsinin, Kabupaten Kubu Raya, provinsi Kalimantan Barat. Hal ini dilatarbelakangi dari upaya mengungkap eksistensi dari pesantren sebagai suatu lembaga pendidikan tradisional yang terbukti masih dapat bertahan di tengah arus globalisasi dan perkembangan zaman, serta semakin ketatnya persaingan antara lembaga-lembaga pendidikan modern yang bersifat kekinian. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan untuk instrumen pengumpulan data penelitian adalah berupa wawancara, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa formulasi dan adopsi kebijakan pendidikan yang berlangsung di pondok pesantren Hidayatul Muhsinin dilakukan melalui enam tahapan, antara lain: a) Identifikasi masalah kebijakan, b) Penyusunan agenda, c) Perumusan kebijakan, d) Pengesahan kebijakan, e) Implementasi kebijakan, dan f) Evaluasi kebijakan. Selain itu, kebijakan pendidikan yang ada di pondok pesantren Hidayatul Muhsinin disusun oleh Kyai, Kepala Sekolah, Ustadz dan guru dengan melibatkan komite sekolah.References
Abdullah Ramdhani & Muhammad Ali Ramdhani. 2017. Konsep Umum Pelaksanaan Kebijakan Publik. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP B/article/view/1. Jurnal Publik: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Administrasi Negara. Vol 11, No. 01.
Eko Sugiarto. 2017. Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Suaka Media.
Ferry Fadzlul Rahman. 2020. Introduction to Public Health Management, Organization, And Policy. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Hanif Nurcholis. 2005. Teori dan Praktik Pemerintahan dan Otonomi Daera. Jakarta: Grasindo.
Juwandaz & Winin Maulidya Saffanah. 2019. Kehidupan Etnis Madura Pasca Konflik dengan Etnis Dayak Tahun 1997 di Desa Pahauman Kec. Sengah Temila Kabupaten Landak Kalimantan Barat. http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/in dex.php/maharsi/article/view/580.
Jurnal Maharsi: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sosiologi. Vol 1, No. 01.
Luqyana Amanta Pritasari dan Bevaola Kususmasari. 2019. Intervensi Aktor dalam Mempengaruhi Formulasi Kebijakan Lingkungan: Studi Kasus Kebijakan Relokasi Tambak Udang di Yogyakarta. Jurnal Administrator. Vol 15, No 2.
Borneo Mestika Zed. 2008. Metode Penelitian
Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Pantjar Simatupang. 2003. Analisis Kebijakan: Konsep Dasar dan Prosedur Pelaksanaan.http://ejurnal.litbang.perta
nian.go.id/index.php/akp/article/view/54 87. Jurnal Analisis Kebijakan Pertanian. Vol 1, No. 1.
Riant Nugroho Dwidjowijoto. 2006. Kebijakan Publik untuk Negara-Negara Berkembang. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Sholih Muadi, dkk. 2016. Konsep dan Kajian Teori Perumusan Kebijakan Publik. Jurnal Review Politik. Vol.06, No.2.
Siti Rahayu, Agus Suprapto. 2020. Kebijakan
Kesehatan Berbasis Penelitian di Era Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta: LeutikaPrio.
Taufiqurrohman. 2014. Kebijakan Publik. Jakarta: Universitas Moestopo Beragama.
Wahyudi. 2016. Implementasi Rencana Strategis Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dalam Upaya
Pengembangan Badan Usaha Milik Desa di Kotawaringin Kalimantan Barat. Jurnal Administrasi Publik. Vol.
, No. 2.
Wen Yusri Rahman, Muniarti & Djailani. 2015. Analisis Kebijakan Pendidikan Keluarga dalam Memantapkan Perilaku
Moral Anak di Kabupaten Aceh Tengah. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/2563. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas
Syiah Kuala. Vol 3, No 2.