Penerapan Metode Silaba Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Suci Silvia Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Putri Hana Pebriana Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Sumianto Sumianto Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1336

Keywords:

Metode Silaba, Keterampilan membaca permulaan, Siswa sekolah dasar.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SDN 012 Bengkong Batam. Salah satu solusi utuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan metode silaba. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I pada tema Keluargaku dengan menggunakan metode silaba. Metode peelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yanng dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan waktu penelitian dilaksanakan pada 20 November 2019- 28 November 2019. Subjek penelitian ini siswa kelas I yaitu berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan berupa dokumentasi, observasi dan tes. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa keterampilan membaca permulaan siswa dengan tema Keluarhalu pada siklus I tergolong kurang efektif dengan presentase ketuntasan siswa 65% dengan nilai rata-rata 72,13. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sangat baik yakni ketuntasan siswa 92,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode silaba dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SDN 012 Bengkong.

References

Ardiyanti, L. (2015). Peningkatan Keterampilan Membaca

Permulaan Melalui Metode Kata Lembaga Siswa Kelas 1 SD Karanggayam Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul.(Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta.Yogyakarta

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Hamzah, dkk. (2013). Assesment Pembelajaran.Jakarta: Bumi Aksara

Rahim, F. (2007).Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar.Padang: Sinar Grafika Offset

Sugiyono. (2013).Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Hidayat, R. (2014). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Silaba Untuk Anak Berkesulitan Belajar Kelas 2 SD Negeri 09 Koto Luar Padang. Jurnal

Ilmiah Pendidikan Khusus Vol.3 (1):Hal 400-401

Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru.Jakarta : Rajawali Pers

Pebriana, P.H (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Menggunakan Pendekatan Kontekstual Siswa Sekolah Dasar Jurnal Publikasi Pendidikan Vol 7

(Hal : 95)

Downloads

Published

2021-03-02

How to Cite

Silvia, S., Pebriana, P. H., & Sumianto, S. (2021). Penerapan Metode Silaba Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 7–12. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1336

Issue

Section

Articles