Filsafat Ilmu Sebagai Pembentuk Karakteristik Pengembangan Media Pembelajaran Ekonomi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13271Abstract
Dalam menyampaikan materi, guru ekonomi biasanya memiliki karakteristik yang berbeda, yang dapat menghasilkan interpretasi siswa yang berbeda. Tertulis, audio, visual, atau bahkan kombinasi dari semuanya dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran ekonomi.Jika ekonomi diterapkan dengan tepat, maka akan sangat memudahkan interaksi kelas selama kegiatan pembelajaran jika media pembelajaran yang tepat dipilih.Ilmu pengetahuan dan filsafat pendidikan sangat mempengaruhi ciri-ciri media pembelajaran ekonomi.Pendidikan ekonomi berbasis media didasarkan pada aspek dan dimensi baik filsafat pendidikan maupun filsafat ilmu. Aspek dan dimensi tersebut meliputi aspek gagasan dan fakta, serta dimensi abstrak dan konkrit yang dapat diterapkan secara teoritis dan praktis. Dalam perkembangan media pembelajaran ekonomi, pendekatan ontologis ilmu dan filsafat pendidikan, epistemologi, dan aksiologi akan mampu membentuk nilai-nilai praktis yang mengarah pada kemampuan atau hasil belajar, jika dirangkum menurut tujuan praktisnyaDownloads
Published
2023-03-26
How to Cite
Syafril, S., Harianto, B. ., & Zebua, N. A. . (2023). Filsafat Ilmu Sebagai Pembentuk Karakteristik Pengembangan Media Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1788–1793. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13271
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Syafril , Budi Harianto, Nirwana Arsyani Zebua
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).