Filsafat Ilmu Sebagai Pembentuk Karakteristik Pengembangan Media Pembelajaran Ekonomi

Authors

  • Syafril Syafril Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Senior, Indonesia
  • Budi Harianto Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Nirwana Arsyani Zebua Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13271

Abstract

Dalam menyampaikan materi, guru ekonomi biasanya memiliki karakteristik yang berbeda, yang dapat menghasilkan interpretasi siswa yang berbeda. Tertulis, audio, visual, atau bahkan kombinasi dari semuanya dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran ekonomi.Jika ekonomi diterapkan dengan tepat, maka akan sangat memudahkan interaksi kelas selama kegiatan pembelajaran jika media pembelajaran yang tepat dipilih.Ilmu pengetahuan dan filsafat pendidikan sangat mempengaruhi ciri-ciri media pembelajaran ekonomi.Pendidikan ekonomi berbasis media didasarkan pada aspek dan dimensi baik filsafat pendidikan maupun filsafat ilmu. Aspek dan dimensi tersebut meliputi aspek gagasan dan fakta, serta dimensi abstrak dan konkrit yang dapat diterapkan secara teoritis dan praktis. Dalam perkembangan media pembelajaran ekonomi, pendekatan ontologis ilmu dan filsafat pendidikan, epistemologi, dan aksiologi akan mampu membentuk nilai-nilai praktis yang mengarah pada kemampuan atau hasil belajar, jika dirangkum menurut tujuan praktisnya

Downloads

Published

2023-03-26

How to Cite

Syafril, S., Harianto, B. ., & Zebua, N. A. . (2023). Filsafat Ilmu Sebagai Pembentuk Karakteristik Pengembangan Media Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1788–1793. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13271