Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemandirian Belajar Siswa melalui Siaran Radio Swiba di SMP N 2 Karanganyar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13255Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar siswa melalui siaran radio Swiba Karanganyar saat pandemi Covid-19. Penelitian ini adalah penelitian kuantitaif dengan jenis penelitian korelasional. Adapun jumlah sampel dibulatkan ke bawah menjadi 74 siswa dan 74 orang tua siswa kelas VII diantaranya kelas, VII F, VII G dan VII I. Penelitian ini telah menggunakan sebanyak 21 item instrument kuesioner. Analisis data menggunakan pengujian regresi linier sederhana. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai F 24,090 dengan nilai Sig. 0,000. Karena nilai Sig. lebih kecil daripada 0,05, maka ditolak diterima. Dengan demikian dapat simpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar siswa. Sedangkan hasil perhitungan koefisien determinasi 0,251 atau 25,1%. Hal ini menunjukkan bahwa besarnya pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar siswa sebesar 25,1%. Sedangkan 74,9% kemandirian belajar dipengaruhi oleh variabel yang lain yang tidak ditelitiDownloads
Published
2023-03-27
How to Cite
Rodiyah, S., & Khuriyah, K. (2023). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemandirian Belajar Siswa melalui Siaran Radio Swiba di SMP N 2 Karanganyar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1882–1885. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13255
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Siti Rodiyah, Khuriyah Khuriyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).