Kekerasan Dalam Praktik Pendidikan di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13234Abstract
Kekerasan merupakan suatu kenyataan universal yang ada sepanjang sejarah peradaban manusia. Hal ini berarti bahwa kekerasan sudah lama dikenal, dihidupi dan berkembang mengikuti perkembangan peradaban manusia. Tindakan kekerasan dapat dilakukan oleh siapa saja, oleh teman sekelas, kakak kelas kepada adik kelasnya, guru terhadap murid dan juga dilakukan oleh kepala sekolah terhadap para stafnya. Penelitian ini memfokuskan pada tindakan kekerasan yang dlakukan oleh guru. Salah satu penyebab praktik penggunaan kekerasan masih sering terjadi adalah faktor kultural. Kekerasan kultural memberi legitimasi terhadap penggunaan kekerasan dalam praktik pendidikan sampai saat ini. Kekerasan yang dialami dan dirasakan oleh anak akan memiliki dampak yang serius terhadap masa depan anak terutama terkait dengan kesehatan mental dan kesejahteraan sosialnya. Beberapa solusi yang dapat dilakukan antara lain dengan membuat regulasi secara jelas dan melaksanakannya secara tegas, menciptakan iklim sekolah yang positif, mengembangkan program sekolah yang ramah anak dan pengembangan kompetensi kepribadian guru. Selain itu diperlukan kerja sama semua komponen sekolah yakni keluarga pemerintah dan masyarakat untuk menciptakan suatu budaya yang ramah anak.Downloads
Published
2023-03-27
How to Cite
Bone, D., & Kristanti, E. . (2023). Kekerasan Dalam Praktik Pendidikan di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1886–1892. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13234
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Dominifridus Bone, E. Kristanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









