Listening Behavior of The Library’s Staffs In Responding Visitor’s Queries Jurnal Pendidikan dan Konseling Volume 5 Nomor 1 Tahun 2023 E-ISSN: 2685-936X dan P-ISSN: 2685-9351 Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Authors

  • Nurmayana Nurmayana Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Epi Supriyani Siregar Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.13228

Abstract

Penelitian ini menganalisis tentang perilaku mendengarkan dua puluh satu pegawai Perpustakaan Umum berdasarkan jenis kelamin, usia, pendidikan, dan respon mendengarkan non-verbal mereka seperti tetap mendengarkan atau tidak, tersenyum, dan memberikan tanggapan seperti menjawab pertanyaan pengunjung. apakah jawabannya panjang atau tidak. Hasilnya, pegawai perpustakaan yang mendengarkan sekitar 47% lulusan diploma. Berdasarkan usia mereka, sebagian besar berusia 46-55 tahun sekitar 54% mendengarkan permintaan pengunjung. Respon staf yang tersenyum saat menjawab pertanyaan hampir sama untuk semua kategori, dan untuk usia 46-55 tahun ada 4 orang yang tersenyum, yaitu 50% dari total yang tersenyum pada kategori usia. Dengan memberikan jawaban panjang, diploma memiliki 4 orang (57%). Pada kategori umur 35-45 tahun dan 46-55 tahun memiliki hasil yang sama dari total yang menjawab panjang. Sebagai bahan pertimbangan, staf yang bergelar sarjana hanya ada 3 orang, artinya pada kategori pendidikan semua staf bergelar sarjana mendengarkan pertanyaan pengunjung dan memberikan jawaban panjang yang ditanggapi.

Downloads

Published

2023-02-23

How to Cite

Nurmayana, N., & Siregar, E. S. . (2023). Listening Behavior of The Library’s Staffs In Responding Visitor’s Queries Jurnal Pendidikan dan Konseling Volume 5 Nomor 1 Tahun 2023 E-ISSN: 2685-936X dan P-ISSN: 2685-9351 Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 6099–6103. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.13228