Analisis Konten "E-book Praktis !! Belajar Bahasa Arab dari Nol" Untuk Pembelajaran Bahasa Arab

Authors

  • Andry Fajar Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Ahmad Dardiri Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Ahmad Asrof Fitri Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13203

Abstract

Sumber belajar bahasa Arab bisa dari manapun bukan hanya dari buku yang dicetak di kertas tetapi sekarang bisa di kemas secara simple dan dengan mudah bisa di bawa kemanapun dalam bentuk e-book. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian literatur (library research), dengan tujuan untuk mengetahui apakah penulisan e-book : “Praktis!! Belajar Bahasa Arab dari Nol” telah sesuai dengan landasan keilmuan penulisan buku teks, dengan metode analisis isi (content analysis). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan wawancara. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa penulisan e-book tersebut belum sesuai dengan landasan keilmuan penulisan buku teks, hal tersebut karena masih ada kekurangan dalam aspek pemaparan referensi dan belum merujuk pada standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam kurikulum pemerintah. Kelebihan e-book ini memiliki tampilan yang menarik, materi yang lengkap yang disertai penjelasan melaui rekaman suara. Pengaplikasiannya mudah dan praktis dan materi yang disampaikan melalui rekaman suara sangat jelas dan lugas. Adapun dari segi kekurangannya e-book ini belum menyertakan referensi kepustakaan, tidak memiliki instruksi belajar yang mengarahkan siswa ketika menggunakan materi pendidikan sehingga mereka dapat menggunakannya secara maksimal

Downloads

Published

2023-03-25

How to Cite

Fajar, A., Dardiri, A., & Fitri, A. A. (2023). Analisis Konten "E-book Praktis !! Belajar Bahasa Arab dari Nol" Untuk Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1726–1740. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13203