Competence Of Islamic Religious Education Teachers At The Junior High School (SMP) And Senior High School (SMA) In The Era Of Industrial Revolution 4.0 And Society 5.0
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13169Abstract
Dunia global telah mengalami perkembangan dan perubahan yang signifikan terutama dalam segala aspek kehidupan (kehidupan digital dan internet). Apalagi saat memasuki era revolusi industri 4.0 dan masyarakat 5.0 yang semuanya menuntut lebi cepat dalam mengakses dunia informasi dan komunikasi internet. Terkait dengan itu, dalam tulisan ini dibahas tentang guru PAI yang juga terkena dampaknya, sehingga perlu dirumuskan ulang kompetensi guru PAI agar terintegrasi dan terintegrasi dengan era revolusi industri 4.0 dan masyarakat 5.0. Fokus utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi guru PAI SMP dan SMA serta kompetensi guru PAI tingkat SMP dan SMA di era revolusi industri 4.0 dan masyarakat 5.0. Hasilnya Hasil penelitian ini menunjukkan dalam menyikapi era revolusi industri 4.0 dan masyarakat 5.0 guru PAI setidaknya harus memiliki kompetensi digital selain kompetensi konvensional yang telah dirumuskan sebelumnya, yaitu kompetensi pedagogik, sosial, kepribadian, profesional, dan kepemimpinan. Kelima kompetensi tersebut belum cukup mampu menjawab era 4.0 dan 5.0 sehingga perlu ditambahkan kompetensi digital guru PAI, antara lain literasi teknologi, pendalaman pengetahuan, dan penciptaan pengetahuan. Tiga kerangka kompetensi guru PAI yaitu literasi teknologi, pendalaman pengetahuan, dan penciptaan pengetahuan dapat diimplementasikan dalam proses belajar mengajar di kelas pada era revolusi industri 4.0 dan masyarakat 5.0 melalui pendekatan enam aspek tugas dan fungsi guru PAI. di era digital yaitu pengertian Information and Communication Tools (ICT) dalam pendidikan, kurikulum dan penilaian, pedagogi, Information and Communication Tools (ICT), Organisasi dan Administrasi, Pembelajaran Profesi Guru.Downloads
Published
2023-03-24
How to Cite
Sya’bani, M. A. Y. (2023). Competence Of Islamic Religious Education Teachers At The Junior High School (SMP) And Senior High School (SMA) In The Era Of Industrial Revolution 4.0 And Society 5.0. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1664–1669. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13169
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Mohammad Ahyan Yusuf Sya’bani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









