Pengaruh Model Cooperative Interated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV MI NW Selong

Authors

  • Zohrani Zohrani Universitas Hamzanwadi Selong Lombok Timur NTB

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13137

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap keterampilan membaca membaca pemahaman siswa kelas IV MI NW Selong  Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksprimen dan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pre test Post test Design. Jumlah sampel dalam penelitian ini ada 28 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes. Tes digunakan untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman siswa.  Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan diproleh nilai rata-rata siswa sebelum diberi perlakuan adalah 58,6 dan nilai rata-rata siswa setelah diberi perlakuan adalah 72. Adapun hasil uji t-test menunjukkan bahwa nilai 5,037 dan 1,706 pada tarafsignifikan 5%, hal ini menunjukkan bahwa ?  maka dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV MI NW Selong.

Downloads

Published

2023-03-22

How to Cite

Zohrani , Z. . (2023). Pengaruh Model Cooperative Interated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV MI NW Selong . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1562–1567. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13137