Pengaruh Model Cooperative Interated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV MI NW Selong
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13137Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap keterampilan membaca membaca pemahaman siswa kelas IV MI NW Selong Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksprimen dan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pre test Post test Design. Jumlah sampel dalam penelitian ini ada 28 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes. Tes digunakan untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman siswa. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan diproleh nilai rata-rata siswa sebelum diberi perlakuan adalah 58,6 dan nilai rata-rata siswa setelah diberi perlakuan adalah 72. Adapun hasil uji t-test menunjukkan bahwa nilai 5,037 dan 1,706 pada tarafsignifikan 5%, hal ini menunjukkan bahwa ? maka dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV MI NW Selong.Downloads
Published
2023-03-22
How to Cite
Zohrani , Z. . (2023). Pengaruh Model Cooperative Interated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV MI NW Selong . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1562–1567. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13137
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Zohrani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).