Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Dan Fasilitas Belajar Di Rumah Terhadap Motivasi Berprestasi Mahasiswa Prodi PGSD

Authors

  • Wiwin Andriani Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Hari Karyono Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13124

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh pembelajaran blended learning dan fasilitas belajar di rumah terhadap motivasi berprestasi mahasiswa, (2)  pengaruh pembelajaran blended learning dengan motivasi berprestasi mahasiswa, dan (3) pengaruh fasilitas belajar di rumah dengan motivasi berprestasi mahasiswa. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif korelasional. Lokasi penelitian di PGSD. Sampel penelitian adalah sebanyak 111 mahasiswa PGSD.  Analisis data regresi linier berganda digunakan untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:  (1) pembelajaran blended learning dan pemanfaatan fasilitas belajar di rumah secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap motivasi berprestasi mahasiswa, (2) pembelajaran blended learning secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi mahasiswa, dan (3) fasilitas belajar di rumah secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dikemukakan saran-saran sebagai berikut: (1) bagi mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan metode pembelajaran blended learning untuk dapat meningkatkan kreatifitas berpikirnya, (2) bagi para dosen dalam proses mengajar diperkuliahan dapat menerapkan model pembelajaran blended learning, (3) bagi perguruan tinggi diharapkan pimpinan institusi untuk memberikan pengarahan kepada para dosen terkait model pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai referensi, dan (4) bagi peneliti selanjutnya yang hendak melakukan kajian dengan tema yang sama untuk mengembangkan variable-variabel lainnya.

Downloads

Published

2023-03-21

How to Cite

Andriani, . W. ., & Karyono, H. . (2023). Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Dan Fasilitas Belajar Di Rumah Terhadap Motivasi Berprestasi Mahasiswa Prodi PGSD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1514–1523. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13124