Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Dan Fasilitas Belajar Di Rumah Terhadap Motivasi Berprestasi Mahasiswa Prodi PGSD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13124Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh pembelajaran blended learning dan fasilitas belajar di rumah terhadap motivasi berprestasi mahasiswa, (2) pengaruh pembelajaran blended learning dengan motivasi berprestasi mahasiswa, dan (3) pengaruh fasilitas belajar di rumah dengan motivasi berprestasi mahasiswa. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif korelasional. Lokasi penelitian di PGSD. Sampel penelitian adalah sebanyak 111 mahasiswa PGSD. Analisis data regresi linier berganda digunakan untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran blended learning dan pemanfaatan fasilitas belajar di rumah secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap motivasi berprestasi mahasiswa, (2) pembelajaran blended learning secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi mahasiswa, dan (3) fasilitas belajar di rumah secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dikemukakan saran-saran sebagai berikut: (1) bagi mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan metode pembelajaran blended learning untuk dapat meningkatkan kreatifitas berpikirnya, (2) bagi para dosen dalam proses mengajar diperkuliahan dapat menerapkan model pembelajaran blended learning, (3) bagi perguruan tinggi diharapkan pimpinan institusi untuk memberikan pengarahan kepada para dosen terkait model pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai referensi, dan (4) bagi peneliti selanjutnya yang hendak melakukan kajian dengan tema yang sama untuk mengembangkan variable-variabel lainnya.Downloads
Published
2023-03-21
How to Cite
Andriani, . W. ., & Karyono, H. . (2023). Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Dan Fasilitas Belajar Di Rumah Terhadap Motivasi Berprestasi Mahasiswa Prodi PGSD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1514–1523. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13124
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Wiwin Andriani, Hari Karyono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).