Self Regulated Learning of Senior High School Students Reviewed from Emotional Maturity and Social Parental Support

Authors

  • Edo Lestari Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Yuzarion Yuzarion Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
  • Nurul Hidayah Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13121

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan antara kematangan emosi dan dukungan sosial orang tua dengan self regulated learning siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian ini di SMA A di Kota Yogyakarta dengan populasi siswa kelas X berjumlah 379 siswa yang tersebar ke dalam 11 kelas. 8 dari 11 kelas dijadikan sebagai sampel penelitian dengan jumlah 193 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Terdapat hubungan yang sangat signifikan antara kematangan emosi dan dukungan sosial orang tua dengan self regulated learning dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,01) dan nilai koefisien korelasi (R) = 0,691; 2) Terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kematangan emosi dengan self regulated learning dengan nilai signifikansi 0,000 (p<0,01) dan nilai koefisien korelasi (r) 0,667; 3) Terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan sosial orang tua dengan self regulated learning dengan nilai signifikansi 0,001 (p<0,01) dan nilai koefisien korelasi (r) 0,446. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah; Terdapat hubungan yang sangat signifikan antara kematangan emosi dan dukungan sosial orang tua dengan self regulated learning siswa dengan sumbangan efektif sebesar 47,7%.

Downloads

Published

2023-03-21

How to Cite

Lestari, E. ., Yuzarion, Y., & Hidayah, N. (2023). Self Regulated Learning of Senior High School Students Reviewed from Emotional Maturity and Social Parental Support. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1490–1497. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13121