Pengembangan Multimedia Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Membandingkan Dan Mengurutkan Bilangan Untuk Siswa Kelas I

Authors

  • Silvia Novita Sari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Wahid Ibnu Zaman Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Nurita Primasatya Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13088

Abstract

Keterampilan berhitung merupakan kemampuan dasar untuk menyelesaikan persoalan lebih lanjut, namun banyak siswa kurang menguasai pelajaran matematika. Menurut hasil observasi di kelas 1 SD Islam Terpadu Darul Falah, guru menyampaikan materi tidak menggunakan media pembelajaran, tetapi hanya menggunakan buku ajar sekolah yang disampaikan secara verbal. Oleh karena itu, diperlukan adanya pengembangan media pembelajaran untuk membantu peserta didik dalam memahami materi dan pembelajaran tidak berpusat pada guru sehingga peserta didik semakin aktif dan dapat meningkatkan hasil belajar. Penggunaan Multimedia Berbasis Articulate Storyline dinilai dapat menarik perhatian peserta didik karena terdapat video,file, gambar, musik, dan animasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti kevalidan, kepraktisan, dan kefektifan Multimedia Berbasis Articulate Storyline dalam penggunaannya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development (R&D). Teknik analisis yang digunakan adalah dengan menghitung nilai rata-rata dari banyaknya responden yang menjawab angket mengenai penyampaian materi membandingkan dan mengurutkan bilangan berbasis Articulate Storyline. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Multimedia Berbasis Articulate Storyline sangat baik, praktis, dan efektif untuk digunakan dimana siswa sanggup menjelaskan dan memahami materi membandingkan dan mengurutkan bilangan menggunakan Multimedia Berbasis Articulate Storyline.

Downloads

Published

2023-03-20

How to Cite

Sari, S. N. ., Zaman, W. I. ., & Primasatya, N. . (2023). Pengembangan Multimedia Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Membandingkan Dan Mengurutkan Bilangan Untuk Siswa Kelas I. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1243–1249. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13088