Pengembangan Multimedia Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Membandingkan Dan Mengurutkan Bilangan Untuk Siswa Kelas I
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13088Abstract
Keterampilan berhitung merupakan kemampuan dasar untuk menyelesaikan persoalan lebih lanjut, namun banyak siswa kurang menguasai pelajaran matematika. Menurut hasil observasi di kelas 1 SD Islam Terpadu Darul Falah, guru menyampaikan materi tidak menggunakan media pembelajaran, tetapi hanya menggunakan buku ajar sekolah yang disampaikan secara verbal. Oleh karena itu, diperlukan adanya pengembangan media pembelajaran untuk membantu peserta didik dalam memahami materi dan pembelajaran tidak berpusat pada guru sehingga peserta didik semakin aktif dan dapat meningkatkan hasil belajar. Penggunaan Multimedia Berbasis Articulate Storyline dinilai dapat menarik perhatian peserta didik karena terdapat video,file, gambar, musik, dan animasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti kevalidan, kepraktisan, dan kefektifan Multimedia Berbasis Articulate Storyline dalam penggunaannya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development (R&D). Teknik analisis yang digunakan adalah dengan menghitung nilai rata-rata dari banyaknya responden yang menjawab angket mengenai penyampaian materi membandingkan dan mengurutkan bilangan berbasis Articulate Storyline. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Multimedia Berbasis Articulate Storyline sangat baik, praktis, dan efektif untuk digunakan dimana siswa sanggup menjelaskan dan memahami materi membandingkan dan mengurutkan bilangan menggunakan Multimedia Berbasis Articulate Storyline.Downloads
Published
2023-03-20
How to Cite
Sari, S. N. ., Zaman, W. I. ., & Primasatya, N. . (2023). Pengembangan Multimedia Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Membandingkan Dan Mengurutkan Bilangan Untuk Siswa Kelas I. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1243–1249. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13088
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Silvia Novita Sari, Wahid Ibnu Zaman, Nurita Primasatya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).