Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan model Cooperative Learning tipe Example Non Example dikelas V SD

Authors

  • Huzaifah Aflah Universitas Negeri Padang
  • Zuryanty Zuryanty Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13086

Abstract

Penelitian dilatar belakangi dari hasil belajar peserta didik yang masih rendah. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan hasil belajar menggunakan model Cooperative Learning tipe Example Non Example dikelas V SDN 24 Guguak Tinggi Kabupaten Agam. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dua siklus, yaitu siklus I dilaksanakan 2 pertemuan dan siklus II dilaksanakan 1 Pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a)RPP siklus I dengan rata-rata 85,57% (B), siklus II 96,00% (SB), b).Pelaksanaan pada aspek pendidik siklus I dengan rata-rata 85,00% (B) siklus II 92,50% (SB), sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 85,00% (B), siklus II 92,50% (SB), c) Penilaian terhadap peserta didik dalam peningkatan hasil belajar pada siklus I diperoleh rata-rata dengan 76,76 dan siklus II rata-rata 85,54. Dapat disimpulkan bahwa menggunakan model ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Published

2023-03-20

How to Cite

Aflah, H. ., & Zuryanty, Z. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan model Cooperative Learning tipe Example Non Example dikelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1236–1242. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13086