Kinerja Dosen dan Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Teknologi Sulawesi Utara
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13085Abstract
Penelitian ini memberikan manfaat secara teoritis : memberikan kontribusi secara teoritis (ilmiah) bagi pengembangan ilmu administrasi pendidikan. Manfaat dalam praktek : bahan masukan untuk pengambilan keputusan. Hasil penelitian yaitu pengaruh signifikan kinerja dosen (X1) dan bauran pemasaran (X2) terhadap kepuasan mahasiswa (Y), dan pengaruh signifikan bauran pemasaran terhadap kepuasan mahasiswa. Namun tidak dapat dibuktikan pengaruh kinerja dosen terhadap kepuasan mahasiswa. Kinerja dosen dengan kepuasan mahasiswa ketidak nyamanan lemah, dan kinerja dosen mempengaruhi kepuasan mahasiswa sebesar 6,5%, sedangkan variabel bauran pemasaran kepuasan mahasiswa ketidak nyaman cukup kuat, dan bauran pemasaran 22,8% mempengaruhi kepuasan mahasiswa akan menerima. Bauran pemasaran kinerja dosen dan mahasiswa pada tingkat kepuasan cukup kuat, dan kinerja dosen dan bauran pemasaran 23,1% mempengaruhi mahasiswa akan menerima kepuasan. Kesimpulan bahwa data penelitian yang diperoleh dapat membuktikan adanya pengaruh signifikan bauran pemasaran dosen dan mahasiswa secara simultan dengan kepuasan. Estimasi kinerja pemasaran secara simultan memadukan dosen dan mahasiswa melalui persamaan terhadap kepuasan diprediksi : Y = 24,705+ 0,256X1 – 0,478 X2 + e. Namun saran yang disampaikan : 1) Berkaitan dengan kepuasan mahasiswa terhadap kinerja dosen, hendaknya setiap dosen melihat kinerja dosen agar mendapatkan kepuasan mahasiswa. 2) Fasilitas kampus harus lengkap dan berfungsi dengan baik. 3) oleh pihak kampus perlu merancang strategi pemasaran dengan menerapkan bauran pemasaran yang baik. 4) untuk penelitian selanjutnya diharapkan menambah jumlah sampel dan menambah variabel pengukuran agar penelitian lebih beragam dan valid.Downloads
Published
2023-03-20
How to Cite
Wangania, D. ., Rumengan, H. ., & Senduk, R. . (2023). Kinerja Dosen dan Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Teknologi Sulawesi Utara. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1231–1235. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13085
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Diana Wangania, Hendry Rumengan, Riani Senduk
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).