Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema Kerangka Manusia Dengan Menerapkan Metode Pembelajaran Card Sort

Authors

  • Supeno Supeno Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Ramdhan Witarsa Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Musnar Indra Daulay Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.13064

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA diperoleh Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas  IV SD Negeri 010 Bangun Purba dengan penerapan metode pembelajaran card sort.  Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing - masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV  SD Negeri 010 Bangun Purba tahun 2021-2022 yang berjumlah 42 siswa. Data dalam penelitian dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi pelaksanaan pembelajaran, lembar kegiatan siswa(LKS), tes akhir siklus dan wawacara.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil siswa mengalami peningkatan dari siklus I dengan kategori cukup baik (66.7%) dan pada siklus II dengan kategori baik (90.5%). Berdasarkan hasil penelitian bahwa dengan penerapan metode pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 010 Bangun Purba.

Downloads

Published

2023-02-25

How to Cite

Supeno, S., Witarsa, R. ., & Daulay, M. I. . (2023). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema Kerangka Manusia Dengan Menerapkan Metode Pembelajaran Card Sort. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 6048–6056. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.13064