Transformasi Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Karakter Mahasiswa Generasi Alpha
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13017Abstract
Tujuan dari pendidikan karakter bagi mahasiswa adalah guna membentuk pribadi yang beretika, patriotik, toleran serta berorientasi dalam ilmu teknologi dan ilmu pengetahuan serta dipandu oleh iman serta taqwa pada Allah SWT. Bisa dipahami jika penelitian ini dijalankan dengan maksud untuk menganalisa perspektif pendidikan agama Islam dalam menciptakan karakter peserta didik generasi Alpha di era globalisasi. Metode studi pustaka termasuk suatu metode yang digumahasiswaan pada penelitian ini. Hasil riset literature review ini memperlihatkan jika peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter mahasiswa ialah sebagai penjaga berbagai nilai kebangsaan serta keagamaan untuk membentuk cendekiawan muslim yang bisa menjadi agen perubahan dari permasalahan yang ada dalam agama serta bangsa. Pendidikan agama Islam di perguruan tinggi merupakan landasan pengembangan kepribadian mahasiswa agar menjadi sosok yang beriman serta bertakwa kepada Allah, mempunyai karakter positif seperti berpikir secara kritis, bersikap rasional serta mempunyai budi pekerti.Downloads
Published
2023-03-18
How to Cite
Daheri, . . M. ., Kholis, N. ., Syah, I. ., Muhammadong, M., & Jenuri, J. (2023). Transformasi Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Karakter Mahasiswa Generasi Alpha. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 989–995. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13017
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Mirzon Daheri, Nur Kholis, Ilham Syah, Muhammadong, Jenuri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).