Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Media Literasi Anak Di Desa Wambulu

Authors

  • Adnan Adnan Universitas Muhammadiyah Buton
  • Sumianti Sumianti Universitas Muhammadiyah Buton
  • Estina Estina Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12999

Abstract

Penelitian ini dilakukan dilatar belakangi rendahnya kemampuan berpikir kritis melalui implementasi media literasi dari membaca buku. Kegiatan penelitian yang dilakukan di Desa Wambulu ini adalah membantu anak-anak dalam berpikir kritis melalui metode literasi membaca buku. Kegiatan  ini  dilakukan oleh  peneliti bersama anak-anak sekitar sebulan yaitu dari bulan Oktober sampai November 2022. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan melalui media literasi anak mampu mengalami peningkatan pemahaman berpikir kritis terhadap suatu konsep bacaan. Dari kemampuan tersebut sangat nampak perubahan yang signifikan. Hasil yang diperoleh dari analisis data meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui media literasi yang menggunakan metode demonstrasi pada siklus I 50%. Hal ini dapat dilihat bahwa penelitian tindakan dengan menggunakan metode demonstrasi pada siklus I belum tercapai. Pada siklus II hasil analisis data menunjukkan telah mencapai target 100%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media literasi dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak. Hal itu tampak jelas dari grafik yang digambarkan pada hasil dan pembahasan penelitian. Berdasarkan pelaksanaan penelitian menghasilkan adanya pemahaman dan pengetahuan anak terkait gerakan literasi , peneliti memiliki instrumen literasi berupa jurnal membaca harian, tersedianya pojok baca di salah satu ruangan serta terbentuknya wadah literasi bagi anak.

Downloads

Published

2023-03-17

How to Cite

Adnan, A., Sumianti, S., & Estina, E. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Media Literasi Anak Di Desa Wambulu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 942–948. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12999