Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Open Ended
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12921Abstract
Standar Nasional Pendidikan menyatakan bahwa tujuan pembelajaran matematika diharapkan dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif siswa, namun kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa masih rendah karena terbiasa mengerjakan soal matematika yang bersifat tertutup sehingga siswa jarang mengeluarkan gagasannya dalam mengerjakan soal matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran open ended. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas melalui tahapan pembelajaran bersiklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMPS IT Al-Hijrah Medan sebanyak 17 orang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa pada siklus I persentase ketuntasan hanya 47,05% (8 siswa) dan pada siklus II meningkat menjadi 88,23% (15 siswa). Sehingga siswa sudah memenuhi persentase ketuntasan klasikal yaitu (?85%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model open ended pada materi pola bilangan di kelas VIII-B SMPS IT Al-Hijrah Medan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.Downloads
Published
2023-03-15
How to Cite
Masitha, C. ., & Siregar, N. . (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Open Ended. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 705–716. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12921
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Cica Masitha, Nurhasanah Siregar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).