Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Open Ended

Authors

  • Cica Masitha Universitas Negeri Medan
  • Nurhasanah Siregar Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12921

Abstract

Standar Nasional Pendidikan menyatakan bahwa tujuan pembelajaran matematika diharapkan dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif siswa, namun kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa masih rendah karena terbiasa mengerjakan soal matematika yang bersifat tertutup sehingga siswa jarang mengeluarkan gagasannya dalam mengerjakan soal matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran open ended. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas melalui tahapan pembelajaran bersiklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMPS IT Al-Hijrah Medan sebanyak 17 orang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa pada siklus I persentase ketuntasan hanya  47,05% (8 siswa) dan pada siklus II meningkat menjadi 88,23% (15 siswa). Sehingga siswa sudah memenuhi persentase ketuntasan klasikal yaitu (?85%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model open ended pada materi pola bilangan di kelas VIII-B SMPS IT Al-Hijrah Medan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

Downloads

Published

2023-03-15

How to Cite

Masitha, C. ., & Siregar, N. . (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Open Ended. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 705–716. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12921