Tindak Tutur Direktif dan Strategi Bertutur Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XII SMA Negeri 1 Pasaman (Pasaman Barat)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12910Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya tindak tutur dalam interaksi belajar mengajar di kelas dan dalam pembelajaran berlangsung guru mampu mengekspresikan dirinya dengan melakukan komunikasi melalui tindak tutur yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini ialah mendeskripsikan tindak tutur direktif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XII SMA Negeri 1 Pasaman dan strategi bertutur yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XII SMA Negeri 1 Pasaman. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Instrumen penelitian ini ialah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik simak bebas libat cakap (SBLC), rekam, dan catat. Hasil penelitian ada dua. Pertama, bentuk tindak tutur direktif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XII SMA Negeri 1 Pasaman terdapat 202 tuturan yang terdiri dari 135 tindak tutur direktif menyuruh, 3 tindak tutur direktif memohon, 17 tindak tutur direktif menyarankan, 20 tindak tutur menuntut, dan 27 tindak tutur direktif menantang. Kedua, strategi bertutur yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XII SMA Negeri 1 Pasaman terdapat 202 tuturan yaitu, 55 strategi bertutur terus terang tanpa basi-basi, 90 strategi bertutur terus terang basi-basi kesantunan positif, 43 strategi bertutur terus terang basi-basi kesantunan negatif, 2 strategi bertutur samar-samar, dan 12 strategi bertutur dalam hati. Kesimpulannya adalah tindak tutur direktif yang sering digunakan adalah tindak tutur direktif menyuruh dan strategi bertutur yang dominan digunakan adalah strategi bertutur terus terang dengan basi-basi kesantunan positif.Downloads
Published
2023-03-18
How to Cite
Kencana, K. ., & Noveria, E. . (2023). Tindak Tutur Direktif dan Strategi Bertutur Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XII SMA Negeri 1 Pasaman (Pasaman Barat). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 978–988. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12910
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Kartika Kencana, Ena Noveria
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).