Tindak Tutur Direktif dan Strategi Bertutur Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XII SMA Negeri 1 Pasaman (Pasaman Barat)

Authors

  • Kartika Kencana Universitas Negeri Padang
  • Ena Noveria Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12910

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya tindak tutur dalam interaksi belajar mengajar di kelas dan dalam pembelajaran berlangsung guru mampu mengekspresikan dirinya dengan melakukan komunikasi melalui tindak tutur yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini ialah mendeskripsikan tindak tutur direktif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XII SMA Negeri 1 Pasaman dan strategi bertutur yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XII SMA Negeri 1 Pasaman. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Instrumen penelitian ini ialah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik simak bebas libat cakap (SBLC), rekam, dan catat. Hasil penelitian ada dua. Pertama, bentuk tindak tutur direktif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XII SMA Negeri 1 Pasaman terdapat 202 tuturan yang terdiri dari 135 tindak tutur direktif menyuruh, 3 tindak tutur direktif memohon, 17 tindak tutur direktif menyarankan, 20 tindak tutur menuntut, dan 27 tindak tutur direktif menantang. Kedua, strategi bertutur yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XII SMA Negeri 1 Pasaman terdapat 202 tuturan yaitu, 55 strategi bertutur terus terang tanpa basi-basi, 90 strategi bertutur terus terang basi-basi kesantunan positif, 43 strategi bertutur terus terang basi-basi kesantunan negatif, 2 strategi bertutur samar-samar, dan 12 strategi bertutur dalam hati. Kesimpulannya adalah tindak tutur direktif yang sering digunakan adalah tindak tutur direktif menyuruh dan strategi bertutur yang dominan digunakan adalah strategi bertutur terus terang dengan basi-basi kesantunan positif.

Downloads

Published

2023-03-18

How to Cite

Kencana, K. ., & Noveria, E. . (2023). Tindak Tutur Direktif dan Strategi Bertutur Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XII SMA Negeri 1 Pasaman (Pasaman Barat). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 978–988. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12910