Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan APM Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Kelas V SDN Karangrejo 01
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12866Abstract
Rendahnya kemampuan matematis siswa pada sekolah dasar akan sangat berakibat pada rendahnya kemampuan pemecahan masalah. Pemecahan masalah sangat membangunan hubungan koneksi antara pemecahan masalah yang dimiliki oleh peserta didik. Hasil ditemukan bahwa pembelajaran matematika pada materi volume balok dan kubus siswa masih memperoleh nilai dibawah KKM dan memiliki kesulitan menentukan rumus pada volume. Sementara itu guru ketika mengajar masih menggunakan pembelajaran ekspositori dan belum menggunakan model pembelajaran dan media yang menarik. Sehingga diperlukan suatu model pembelajaran yang berbantuan APM agar kemampuan koneksi matematis siswa meningkat. Penelitian ini bertujuan menguji apakah model pembelajaran problem based learning dengan berbantuan APM efektif terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Karangrejo 01 tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dimana penentuan sampel semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan koneksi matematis siswa, wawancara dan observasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan APM tuntas secara klasikal, menggunakan uji paired sample t-test diperoleh bahwa selisih rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran problem based learning berbantuan APM tidak sama, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning berbantuan APM efektif terhadap kemampuan koneksi matematis siswa.Downloads
Published
2023-03-13
How to Cite
Anggreini, H. ., Untari, . M. F. A., Suyoto, S., & Rochajati, S. . (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan APM Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Kelas V SDN Karangrejo 01. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 603–609. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12866
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Herlina Anggreini, Mei Fita Asri Untari, Suyoto, Siti Rochajati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).