The Effect Of Collaborative Strategic Reading To Improve Students’ Reading Comprehension On Narrative Text At Grade 8th SMPN 7 Pematangsiantar

Authors

  • Bonita Anjelina Sihombing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Rahelian Gratia Simangunsong Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Maretha Diona Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Ima Silalahi Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12843

Abstract

Bahasa adalah sebuah sistem komunikasi. Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa internasional yang digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia untuk berkomunikasi. Bahasa Inggris memiliki empat keterampilan dasar, yaitu: mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Membaca adalah tindakan membangun makna saat bertransaksi teks. Pemahaman membaca mengacu pada kemampuan untuk memahami sepenuhnya teks tertulis. Namun masih banyak siswa Indonesia yang merasa kesulitan dalam memahami teks bahasa Inggris. Masalah ini terjadi karena beberapa faktor. Salah satu teknik yang dianggap dapat mengatasi masalah ini adalah Collaborative Strategic Reading (CSR). CSR merupakan teknik kolaboratif yang mengajarkan siswa untuk menggunakan strategi pemahaman sambil bekerja secara kooperatif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teks naratif sebagai subjek penelitian untuk mengetahui apakah penggunaan Collaborative Strategic Reading (CSR) efektif untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa pada teks naratif di kelas VIII SMPN 7 Pematangsiantar.

Downloads

Published

2023-03-12

How to Cite

Sihombing, B. A. ., Simangunsong, R. G. ., Simanjuntak, M. D. ., & Silalahi, . I. . (2023). The Effect Of Collaborative Strategic Reading To Improve Students’ Reading Comprehension On Narrative Text At Grade 8th SMPN 7 Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 551–559. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12843