Pengalaman Siswa Menggunakan Aplikasi Google Classroom dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12808Abstract
Aplikasi google classroom sebagai sebuah wadah bagi guru dan siswa untuk tetap bisa melaksanakan proses belajar mengajar. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan bagaimana pengalaman siswa menggunakan aplikasi google classroom dalam pembelajaran IPS di kelas V. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dalam penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data menggunakan angket dan wawancara. Sumber data dalam penelitian ini ialah siswa kelas V yang berjumlah 30 siswa. Teknik analisa data menggunakan model Miles and Huberman. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa aplikasi google classroom mempermudah penyampaian materi dan pemberian tugas dalam pembelajaran IPS selama pembelajaran daring. Namun, siswa merasa belum mampu untuk menggunakan aplikasi google classroom secara mandiri dan membutuhkan bantuan orang tua untuk mengikuti pembelajaran IPS dengan menggunakan aplikasi google classroom. Selama belajar IPS dengan menggunakan aplikasi google classroom siswa memiliki pengalaman menyenangkan dan tidak menyenangkan terhadap penggunaan aplikasi google classroom.Downloads
Published
2023-03-11
How to Cite
Cornellya, C. ., Noviana, E. ., & Marhadi, H. . (2023). Pengalaman Siswa Menggunakan Aplikasi Google Classroom dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 470–475. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12808
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Conny Cornellya, Eddy Noviana, Hendri Marhadi
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).