Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA

Authors

  • Herniwati Herniwati Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Indros Piliati Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Iwan Putra Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Jhon Kennedy Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Merya Melly Sesa Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Mira Ariyanti Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Mora Fatma Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Mutia Rissa Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.12803

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 012 Pasir Sialang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Inkuiri dalam meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 012 Pasir Sialang. Penelitian ini dilaksanakan pada awal semester genap tahun ajaran 2021/2022 di SDN 012 Pasir Sialang Kecamatan Bangkinang dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah sebanyak 21 orang siswa. Adapun objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dan penerapan metode pembelajaran Inkuiri. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis data tersebut penulis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan  bahwa hasil belajar IPA siswa  dengan model pembelajaran inkuiri  di kelas V SDN 012 Pasir Sialang Kabupaten Kampar pada siklus I tergolong baik dengan rata-rata 73.71, selanjutnya dari 21 orang siswa hanya 13 (61.90%) yang mencapai ketuntasan secara individual. Hasil belajar siswa pada siklus II tergolong baik dengan rata-rata 79, dan dari 22 orang siswa terdapat 17 orang (80.96%) siswa yang mencapai ketuntasan secara individual. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran inkuiri dapat menigkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V 012 Pasir Sialang Kabupaten Kampar.

Downloads

Published

2022-02-28

How to Cite

Herniwati, H., Piliati, I. ., Putra, I., Kennedy, . J. ., Sesa, M. M. ., Ariyanti, M. ., Fatma, M. ., & Rissa, M. . (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 773–784. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.12803