Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Aan Budiyono Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Angela Samosir Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Ari Aprilia Dwiana Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Budiarti Budiarti Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Febby Anggraini Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Habibah Siregar Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Handika Handika Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.12798

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa siswa kelas IV SD kesulitan dalam memahami penjelasan guru dalam pelajaran IPA, terutama pada materi sumber daya alam. Hal ini disebabkan guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yang membuat siswa pasif dan tidak adanya kegiatan yang memacu aktivitas siswa seperti membagi kelompok. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). TAI merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang dapat diterjemahkan “Bantuan Individual Dalam Kelompok (BIDAK)”. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan “model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar sumber daya alam pada siswa kelas IV SD”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan bentuk penelitianya itu penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan pada SDN 001 Langgini dengan subjek penelitian adalah kelas IV SD. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, tes dan observasi. Peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran sumber daya alam dari sebelum tindakan siswa yang tuntas secara keseluruhan adalah 6 orang siswa atau dengan persentase 35%, siklus I siswa yang tuntas secara keseluruhan meningkat menjadi 12 orang siswa atau dengan persentase 70,58%, dan pada siklus II siswa yang tuntas secara keseluruhan adalah 16 orang siswa atau dengan persentase 94,11%. Dan rata-rata nilai siswa meningkat dari sebelum tindakan 65.30, siklus I dengan rata-rata 77.05, meningkat menjadi 87.05 pada siklus II. Jadi, pembelajaran sumber daya alam dengan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV.

Downloads

Published

2022-02-28

How to Cite

Budiyono, A. ., Samosir, A. ., Dwiana, A. A. ., Budiarti, . B., Anggraini, F. ., Siregar, H. ., & Handika, H. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 764–772. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i1.12798