Instrumen Penilaian Pembelajaran Menulis Menggunakan Jenis Pengembangan Teks Deskripsi

Authors

  • Fidyawati Monoarfa Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12796

Abstract

Dalam menentukan berhasil atau tidaknya suatu proses pembelajaran, guru melakukan penilaian yang berkaitan dengan ranah afektif, kognitif, dan psikomotor sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Penilaian sebagai salah satu upaya untuk memberikan umpan balik terhadap guru dan peserta didik. Penilaian tersebut dilakukan secara terus menerus, menggunakan alat ukur maupun teknik yang bervariasi, berbasis kinerja nyata peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini menghasilkan instrumen penilaian dalam pembelajaran menulis dengan Jenis pengembangan teks deskripsi yang valid reliabel, efektif, dan praktis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data terdiri atas prosedur, (1) teknik analisis uji instrumen, (2) teknik analisis uji keefektifan (3) teknik analisis uji keefektifan, (4)  teknik analisis isi perbedaan. Hasil penelitian menunjukkan yakni (1) instrumen penilaian yang digunakan guru saat ini belum menampakkan penilaian karena rubrik penilaian yang digunakan hanya untuk aspek pengetahuan, (2) desain instrumen penilaian dalam pembelajaran menulis sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan guru terdiri atas 4 aspek penting, yakni aspek materi/isi, aspek konstruksi, aspek bahasa, dan aspek tampilan (3) pengembangan instrumen penilaian dalam  pembelajaran menulis dilakukan berdasarkan 4 aspek, menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) dan diuji praktisi dan uji ahli tentang produk instrumen penilaian menulis (4) kepraktisan, kemenarikan, dan kekomunikatifan instrumen penilaian dalam pembelajaran menulis berdasarkan nilai rata-rata ahli dan praktisi termasuk pada kategori baik.   Kata Kunci: instrumen penilaian, pembelajaran menulis, Jenis pengembangan  teks deskripsi.

Downloads

Published

2023-03-12

How to Cite

Monoarfa, F. (2023). Instrumen Penilaian Pembelajaran Menulis Menggunakan Jenis Pengembangan Teks Deskripsi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 494–504. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12796