Efektivitas Mastery Learning With Quiz Team terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Authors

  • Nur Sakinah Aries Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12790

Abstract

Pembelajaran dengan Mastery Learning With Quiz Team adalah salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk memotivasi peserta didik mencapai penguasaan (mastery level) terhadap kompetensi tertentu. Mastery learning dapat diterapkan dengan cara memberikan quiz pada sekelompok siswa untuk menguji kepahaman siswa dalam menguasai dasar pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dan efektivitas strategi pembelajaran Mastery Learning With Quiz Team dalam pembelajaran matematika siswa di MTs. Balang-balang Kab. Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tipe Quasi eksperimental dan menggunakan desain pretest-posttest control gruoup design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang terdiri dari 2 kelas yang masing-masing terdiri 38 siswa dan 42 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi Mastery Learning With Quiz Team dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Mastery Learning, Quiz Team  

Downloads

Published

2023-03-11

How to Cite

Aries, N. S. (2023). Efektivitas Mastery Learning With Quiz Team terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 463–469. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12790