Efektivitas Mastery Learning With Quiz Team terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12790Abstract
Pembelajaran dengan Mastery Learning With Quiz Team adalah salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk memotivasi peserta didik mencapai penguasaan (mastery level) terhadap kompetensi tertentu. Mastery learning dapat diterapkan dengan cara memberikan quiz pada sekelompok siswa untuk menguji kepahaman siswa dalam menguasai dasar pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dan efektivitas strategi pembelajaran Mastery Learning With Quiz Team dalam pembelajaran matematika siswa di MTs. Balang-balang Kab. Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tipe Quasi eksperimental dan menggunakan desain pretest-posttest control gruoup design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang terdiri dari 2 kelas yang masing-masing terdiri 38 siswa dan 42 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi Mastery Learning With Quiz Team dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan efektif digunakan dalam pembelajaran matematika. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Mastery Learning, Quiz TeamDownloads
Published
2023-03-11
How to Cite
Aries, N. S. (2023). Efektivitas Mastery Learning With Quiz Team terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 463–469. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12790
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Nur Sakinah Aries
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).