Intervensi Kelompok (Bimbingan dan Konseling) untuk Mengurangi Prasangka pada Peserta Didik: Kajian Literatur
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12756Abstract
Pendidikan khususnya di Indonesia merupakan salah satu modal utama dalam pembangunan bangsa. Pentingnya pendidikan di Indonesia dibuktikan dengan adanya aturan perundang- undangan yang menjamin pemerataan pendidikan bagi seluruh warga Indonesia tanpa terkecuali baik suku ataupun status sosial. Hal ini memungkinkan bahwa dalam sebuah lingkungan pendidikan terdapat siswa dengan latar belakang baik suku ataupun status sosial yang berbeda yang menyebabkan terciptanya lingkungan yang heterogen. Keberagaman ini dapat memicu adanya prasangka pada setiap peserta didik. Prasangka yang tidak terajadi dapat menyebabkan adanya konflik sosial seperti kecurigaan, ketidakpercayaan, dan juga permusuhan. Penelitian yang dilakukan ini merupakan review literatur terhadap 7 jurnal dan penelitian nasional mengenai bimbingan dan konseling terhadap penurunan prasangka peserta didik. Berdasarkan review literatur yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa tingkat prasangka dapat diturunkan secara efektif dengan pemberian intervensi kelompok berupa pemberian bimbingan dan konseling. Teknik bimbingan dan konseling kelompok yang dapat digunakan untuk menurunkan prasangka sangat beragam seperti metode pemberian informasi dan penugasan, teknik sosiodrama, dan juga dengan pendekatan budaya.Downloads
Published
2023-03-21
How to Cite
Hasri Wulan Nugraheni, & Astuti, K. . (2023). Intervensi Kelompok (Bimbingan dan Konseling) untuk Mengurangi Prasangka pada Peserta Didik: Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1498–1507. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12756
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Hasri Wulan Nugraheni, Kamsih Astuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).