Intervensi Kelompok (Bimbingan dan Konseling) untuk Mengurangi Prasangka pada Peserta Didik: Kajian Literatur

Authors

  • Hasri Wulan Nugraheni Universitas Mercubuana Yogyakarta
  • Kamsih Astuti Universitas Mercubuana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12756

Abstract

Pendidikan khususnya di Indonesia merupakan salah satu modal utama dalam pembangunan bangsa. Pentingnya pendidikan di Indonesia dibuktikan dengan adanya aturan perundang- undangan yang menjamin pemerataan pendidikan bagi seluruh warga Indonesia tanpa terkecuali baik suku ataupun status sosial. Hal ini memungkinkan bahwa dalam sebuah lingkungan pendidikan terdapat siswa dengan latar belakang baik suku ataupun status sosial yang berbeda yang menyebabkan terciptanya lingkungan yang heterogen. Keberagaman ini dapat memicu adanya prasangka pada setiap peserta didik. Prasangka yang tidak terajadi dapat menyebabkan adanya konflik sosial seperti kecurigaan, ketidakpercayaan, dan juga permusuhan. Penelitian yang dilakukan ini merupakan review literatur terhadap 7 jurnal dan penelitian nasional mengenai bimbingan dan konseling terhadap penurunan prasangka peserta didik. Berdasarkan review literatur yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa tingkat prasangka dapat diturunkan secara efektif dengan pemberian intervensi kelompok berupa pemberian bimbingan dan konseling. Teknik bimbingan dan konseling kelompok yang dapat digunakan untuk menurunkan prasangka sangat beragam seperti metode pemberian informasi dan penugasan, teknik sosiodrama, dan juga dengan pendekatan budaya.

Downloads

Published

2023-03-21

How to Cite

Hasri Wulan Nugraheni, & Astuti, K. . (2023). Intervensi Kelompok (Bimbingan dan Konseling) untuk Mengurangi Prasangka pada Peserta Didik: Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1498–1507. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12756