Model Pembinaan Akhlakul Karimah Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Islam Riyadlus Sholihin Sumberbendo Sumberasih KabupatenProbolinggo
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12740Abstract
Merosotnya akhlak peserta didik dan generasi bangsa di sekolah maupun diluar sekolah tidak terlepas dari kurang efektifnya pembelajaran dan pengawasan seorang guru. Seperti halnya siswa mulai berani berkata kurang sopan kepada orang tua, guru, teman sejawatnya dan orang yang lebih tua di sekitarnya. Tujuan dari pembinaan akhlakul karimah ini diharapkan dapat menjadi solusi dari latarbelakang permasalahan di atas dalam membetuk kepribadiaan peserta didik yang berakhlak mulia. Sehingga memberikan dampak yang besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan siswa dalam tingkah lakunya. Adapun metode penelitian yang digunakan ini adalah penelitian kualitatif, dimana prosedur data yang dikumpulkan penelitian ini lebih menghasilkan data deskripsi berupa observasi langsung yaitu wawancara seperti kata-kata tertulis dari narasumber, rekaman atau tulisan dari orang-orang dan dokumen yang dapat diamati lainnya. Hasil penelitian menjelaskan usaha guru dalam menanamkan pembinaan kepribadiaan siswa madrasah supaya menjadi manusia yang berakhlakul karimah. Nyatanya tidak semudah apa yang dibayangkan, membutuhkan waktu beberapa kali dalam wawancara yang dilakukan, ikhtiar dalam taskhil akhlak siswa, guru membuat beberapa upaya program kebiasaan yang dilakukan di sekolah, seperti memberikan kegiataan riyadhoh ruhaniyah, keteladanan, kedisiplinan, anjuran, pembiasaan, larangan, hukuman dan pengawasan baik dalam sekolah maupun di luar sekolah. Semua aplikasi kegiatan ini berlangsung dengan baik besar antusias dari orang tua dan siswa sehingga apa yang diinginkan berjalan dengan optimal sehingga menjadi pribadi siswa yang sholih dan sholihah.Downloads
Published
2023-03-11
How to Cite
Bintaro, S. J. ., & Prasetiya, B. . (2023). Model Pembinaan Akhlakul Karimah Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Islam Riyadlus Sholihin Sumberbendo Sumberasih KabupatenProbolinggo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 453–462. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12740
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Sulaiman Jaeng Bintaro, Benny Prasetiya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).