The Pengaruh Keluarga Dan Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Samsung (Studi Kasus Masyarakat Karawang)

Authors

  • Yofanka Theola Mitzi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Cecep Hermana Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12736

Abstract

Alat komunikasi yang saat ini sangat dibutuhkan adalah handphone. Handphone adalah alat komunikasi elektronik dua arah yang sangat praktis karena bisa dibawa kemana-mana dan memiliki kemampuan untuk mengirimkan pesan atau informasi berupa suara. Perkembangan teknologi handphone yang semakin lama menunjukkan kemajuan yang semakin pesat dan beragam. Hal ini terlihat dari perkembangan Samsung dengan keunggulan beragam dengan banyaknya fitur-fitur canggih dan trend kebutuhan konsumen yang semakin meningkat dari waktu ke waktu dan diharapkan dapat membangkitkan minat dan keinginan untuk membeli produk Samsung di industri telekomunikasi. Keluarga memiliki pengaruh yang kuat terhadap perkembangan seorang individu yang dapat menentukan berhasil tidaknya kehidupan individu tersebut. Keluarga dapat didefinisikan sebagai dua orang aatau lebih individu yang disatukan oleh ikatan-ikatan kebersamaan dan ikatan emosional dan yang mengidentifikasikan diri mereka sebagai bagian dari keluarga. Kelompok acuan merupakan individu atau kelompok yang memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian produk. Berdasarkan hasil uji F diperoleh hasil F hitung sebesar 62.254 yang berarti lebih besar dari F tabel 3,09. Maka dapat disimpulkan bahwa secara simultan variabel keluarga dan kelompok acuan terhadap keputusan pembelian produk Samsung. Kata kunci: Handphone Samsung, Keluarga, Kelompok Acuan, Keputusan Pembelian

Downloads

Published

2023-03-10

How to Cite

Theola Mitzi, Y., & Hermana, C. . (2023). The Pengaruh Keluarga Dan Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Samsung (Studi Kasus Masyarakat Karawang). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 379–386. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12736