Peran Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD GMIM IV Tomohon
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12708Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA, faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPA di kelas V SD GMIM IV Tomohon. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif, dan dilaksanakan di SD GMIM IV Tomohon. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, metode dan waktu. Analisis data mengunakan analisis interaktif. Peran guru dalam meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V SD GMIM IV Tomohon adalah guru-guru selalu mengikuti pelatihan atau penataran untuk menambah pengetahuan serta dalam penyajian materi sesuai dengan kemajuan teknologi dengan menggunakan media ajar yang dibutuhkan siswa, melatih siswa untuk dapat memecahkan masalah yang berhubungan dengan alam sekitar yang terjadi di lingkungannya serta melakukan upaya-upaya yang menyajikan berbagai macam kegiatan-kegiatan yang dapat menciptakan atau berinovasi. Faktor yang mempengaruhi prestasi belajar IPA siswa kelas V di SD GMIM IV Tomohon adalah kualitas guru yang selalu mengikuti perkembangan, serta model pembelajaran yang digunakan sesuai dengan pembelajaran sehingga menciptakan hal-hal yang baru dan menarik sehingga siswa tertarik dalam proses pembelajaran, serta didukung dengan faktor penunjang yaitu sarana dan prasana berupa perpustakaan, laboratorium dan lapangan sebagai tempat observasi.Downloads
Published
2023-03-08
How to Cite
Mokoginta, S. O., Mangangantung, J. M. ., & Liando, M. R. (2023). Peran Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD GMIM IV Tomohon. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 260–272. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12708
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Serlita Oktafia Mokoginta, Jeanne M. Mangangantung, Mayske R. Liando
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).