Peran Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD GMIM IV Tomohon

Authors

  • Serlita Oktafia Mokoginta Program Studi Pendidikan Guru SD, Pascasarjana Universitas Negeri Manado
  • Jeanne M. Mangangantung Universitas Negeri Manado
  • Mayske R. Liando Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12708

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA, faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPA di kelas V SD GMIM IV Tomohon. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif, dan dilaksanakan di SD GMIM IV Tomohon. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, metode dan waktu. Analisis data mengunakan analisis interaktif. Peran guru dalam meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V SD GMIM IV Tomohon adalah guru-guru selalu mengikuti pelatihan atau penataran untuk menambah pengetahuan serta dalam penyajian materi sesuai dengan kemajuan teknologi dengan menggunakan media ajar yang dibutuhkan siswa, melatih siswa untuk dapat memecahkan masalah yang berhubungan dengan alam sekitar yang terjadi di lingkungannya serta melakukan upaya-upaya yang menyajikan berbagai macam kegiatan-kegiatan yang dapat menciptakan atau berinovasi. Faktor yang mempengaruhi prestasi belajar IPA siswa kelas V di SD GMIM IV Tomohon adalah kualitas guru yang selalu mengikuti perkembangan, serta model pembelajaran yang digunakan sesuai dengan pembelajaran sehingga menciptakan hal-hal yang baru dan menarik sehingga siswa tertarik dalam proses pembelajaran, serta didukung dengan faktor penunjang yaitu sarana dan prasana berupa perpustakaan, laboratorium dan lapangan sebagai tempat observasi.

Downloads

Published

2023-03-08

How to Cite

Mokoginta, S. O., Mangangantung, J. M. ., & Liando, M. R. (2023). Peran Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD GMIM IV Tomohon. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 260–272. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12708