Pembinaan Kecerdasan Spiritual Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Ma Al- Khoiriyah Kerpangan Leces Kabupaten Probolinggo

Authors

  • Ahmat Nizar STAI MUHAMMADIYAH PROBOLINGGO
  • Muhammad Jadid Khadavi Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12697

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi seorang pelajar akan memotivasinya untuk menjadikan sekolah sebagai lahan ibadah menuntut ilmu dan prestasi, juga melatih kualitas hubungan harmonis dengan guru, orang tua, dan sesama rekannya. Spiritualitas juga memiliki dampak integritas dan harmonisasi yang melibatkan kesatuan batin dan keterhubungan dengan manusia lain serta realitas yang lebih luas, serta kemampuan individu untuk menjadi transenden (berfikir jauh ke depan) sehingga dapat menjalin hubungan yang lebih efektif dengan sesama. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Al- Koiriyah. Dalam teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan Teknik pengolahan data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah 1) Cara yang dilakukan  guru dalam pembinaan kecerdasan spiritual pada siswa-siswi Madrasah Aliyah Al- Khoiriyah Desa Kerpangan leces Probolinggo diantaranya, yang paling utama yaitu melakukan pendisiplinan waktu baik untuk melakukan kegiatan shalat sunnah dhuha, maupun dalam Kegiatan Belajar Mengajar(KBM) seta pembiasaan-pembiasan lainnya. 2) Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk mewujudkan visi dari lembaga pendidikan agar terwujudnya lembaga pendidikan yang favorit dengan menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman dan akhlaqul karimanya. Pembiasaan yang menjunjung tinggi keagamaan islamiyah akan membentuk kecerdasan spiritual.

Downloads

Published

2023-03-08

How to Cite

Ahmat Nizar, & Khadavi , M. J. . (2023). Pembinaan Kecerdasan Spiritual Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Ma Al- Khoiriyah Kerpangan Leces Kabupaten Probolinggo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 277–288. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12697