Pembinaan Kecerdasan Spiritual Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Ma Al- Khoiriyah Kerpangan Leces Kabupaten Probolinggo
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12697Abstract
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi seorang pelajar akan memotivasinya untuk menjadikan sekolah sebagai lahan ibadah menuntut ilmu dan prestasi, juga melatih kualitas hubungan harmonis dengan guru, orang tua, dan sesama rekannya. Spiritualitas juga memiliki dampak integritas dan harmonisasi yang melibatkan kesatuan batin dan keterhubungan dengan manusia lain serta realitas yang lebih luas, serta kemampuan individu untuk menjadi transenden (berfikir jauh ke depan) sehingga dapat menjalin hubungan yang lebih efektif dengan sesama. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Al- Koiriyah. Dalam teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan Teknik pengolahan data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah 1) Cara yang dilakukan guru dalam pembinaan kecerdasan spiritual pada siswa-siswi Madrasah Aliyah Al- Khoiriyah Desa Kerpangan leces Probolinggo diantaranya, yang paling utama yaitu melakukan pendisiplinan waktu baik untuk melakukan kegiatan shalat sunnah dhuha, maupun dalam Kegiatan Belajar Mengajar(KBM) seta pembiasaan-pembiasan lainnya. 2) Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk mewujudkan visi dari lembaga pendidikan agar terwujudnya lembaga pendidikan yang favorit dengan menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman dan akhlaqul karimanya. Pembiasaan yang menjunjung tinggi keagamaan islamiyah akan membentuk kecerdasan spiritual.Downloads
Published
2023-03-08
How to Cite
Ahmat Nizar, & Khadavi , M. J. . (2023). Pembinaan Kecerdasan Spiritual Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Ma Al- Khoiriyah Kerpangan Leces Kabupaten Probolinggo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 277–288. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12697
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Ahmat Nizar, Muhammad Jadid Khadavi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









