Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Authors

  • Siti Wahyuni Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.12696

Abstract

Kurikulum Mandiri adalah konsep kurikulum yang memungkinkan guru dan siswa memilih dan mengembangkan isi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan kondisi setempat. Konsep ini dirancang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memperhatikan keunikan dan kebutuhan lingkungan belajar masing-masing.Kurikulum merupakan alat yang akan menentukan arah pendidikan. Pelaksanaan pembelajaran kurikulum mandiri menekankan pada pengembangan kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. SMKN 7 Jakarta merupakan sekolah yang menawarkan kurikulum merdeka. Penerapan kurikulum mandiri diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, karena kurikulum ini didasarkan pada kebutuhan dan minat siswa. Peran guru adalah memfasilitasi dan memediasi pembelajaran, serta memotivasi siswa agar bersemangat dalam belajar dan mencapai hasil yang baik. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian literatur terhadap buku, jurnal dan artikel yang berkaitan dengan konsep kurikulum mandiri dan pengaruhnya terhadap kualitas pembelajaran di SMKN 7 Jakarta. Kurikulum Merdeka diharapkan dapat menghasilkan pembelajaran yang lebih bermakna dan relevan bagi siswa, serta meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Kurikulum Merdeka juga memperkuat keterlibatan masyarakat dalam proses pembelajaran dan membantu peserta didik mempersiapkan diri menghadapi tantangan hidup di masa depan.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Wahyuni, . S. . (2022). Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13404–13408. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.12696