Analisis Praktik Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Penguatan Karakter Religius di SMP Negeri 1 Karangtanjung

Authors

  • Kholifatunauroh Kholifatunauroh Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Damanhuri Damanhuri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Wardatul Ilmiah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12682

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik penerapan profil pelajar Pancasila dalam penguatan karakter religius di Sekolah. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Karangtanjung Kabupaten Pandeglang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi deskriptif  Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa praktik penerapan profil pelajar Pancasila dalam penguatan karakter religius di SMP Negeri 1 Karangtanjung sudah sesuai dengan prinsip-prinsip kunci projek penguatan dan dalam praktik penerapannya memuat niali-nilai religius. Faktor pendukung dari internal yaitu peserta didik yang memiliki kepribadian mau bergerak dalam mewujudkan cita-cita. Dari faktor eksternal (1) Guru sebagai fasilitator yang siap sedia membantu peserta didik kapanpun, (2) Fasilitas yang mendukung, (3) Media yang digunakan sangat beragam dan terkini, (4) bekerja sama dengan orangtua, komite, dewan pendidikan dan instansi yang lain. Faktor penghambat praktik penerapan profil pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Karangtanjung yaitu faktor penghambat  dari praktik penerapan profil pelajar Pancasila dari Internal Peserta didik masih belum maksimal dalam pemanfaatan gadget atau teknologi informasi saat di sekolah. Dari segi eksternal penghambatnya masih ada sebagian peserta didik kurang mendukung beberapa projek dan pergaulan peserta didik di luar lingkungan sekolah.

Downloads

Published

2023-03-07

How to Cite

Kholifatunauroh, K., Damanhuri, D., & Ilmiah, . W. (2023). Analisis Praktik Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Penguatan Karakter Religius di SMP Negeri 1 Karangtanjung . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 232–241. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12682