Analisis Praktik Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Penguatan Karakter Religius di SMP Negeri 1 Karangtanjung
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12682Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik penerapan profil pelajar Pancasila dalam penguatan karakter religius di Sekolah. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Karangtanjung Kabupaten Pandeglang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi deskriptif Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa praktik penerapan profil pelajar Pancasila dalam penguatan karakter religius di SMP Negeri 1 Karangtanjung sudah sesuai dengan prinsip-prinsip kunci projek penguatan dan dalam praktik penerapannya memuat niali-nilai religius. Faktor pendukung dari internal yaitu peserta didik yang memiliki kepribadian mau bergerak dalam mewujudkan cita-cita. Dari faktor eksternal (1) Guru sebagai fasilitator yang siap sedia membantu peserta didik kapanpun, (2) Fasilitas yang mendukung, (3) Media yang digunakan sangat beragam dan terkini, (4) bekerja sama dengan orangtua, komite, dewan pendidikan dan instansi yang lain. Faktor penghambat praktik penerapan profil pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Karangtanjung yaitu faktor penghambat dari praktik penerapan profil pelajar Pancasila dari Internal Peserta didik masih belum maksimal dalam pemanfaatan gadget atau teknologi informasi saat di sekolah. Dari segi eksternal penghambatnya masih ada sebagian peserta didik kurang mendukung beberapa projek dan pergaulan peserta didik di luar lingkungan sekolah.Downloads
Published
2023-03-07
How to Cite
Kholifatunauroh, K., Damanhuri, D., & Ilmiah, . W. (2023). Analisis Praktik Penerapan Profil Pelajar Pancasila dalam Penguatan Karakter Religius di SMP Negeri 1 Karangtanjung . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 232–241. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12682
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Kholifatunauroh Kholifatunauroh, Damanhuri Damanhuri, Wardatul Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).