Pengaruh Konseling kelompok Untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dengan teknik assertive training pada siswa SMPN Pekanbaru

Authors

  • Fanri Daniel Pakpahan Universitas Riau
  • Elni Yakub Universitas Riau
  • Daviq Chairilsyah Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12681

Abstract

Manusia merupakan mahkluk sosial yang berarti tidak terelepas dari individu lainnya, setiap individu saling membutuhkan dan beriringan dan salah satunya hal yang menunjang dalam kehidupan sosial ialah komunikasi. Tujuan kajian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok melalui teknik assertive training dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa di SMPN Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode quasi eskperimen dengan model one group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini ialah 7 orang siswa dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat keterampilan komunikasi siswa rendah dengan persentase 100% pada kategori rendah. Hal ini menunjukkan perlunya konseling kelompok dengan teknik assertive training untuk meningkatkan keterampilan komunikasi pada siswa SMPN di pekanbaru. 

Downloads

Published

2023-03-07

How to Cite

Fanri Daniel Pakpahan, Yakub, E. ., & Chairilsyah, D. . (2023). Pengaruh Konseling kelompok Untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dengan teknik assertive training pada siswa SMPN Pekanbaru . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 219–223. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12681