Pengaruh Edukasi Gempa Bumi Dengan Media Buku Pop Up Terhadap Tingkat Pengetahuan Anak Usia Sekolah

Authors

  • Amrih Mugi Rahayu Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Endiyono Endiyono Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12674

Abstract

Gempa bumi adalah bencana alam yang cukup sering terjadi di Indonesia. Kesiapsiagaan dan respon bencana yang efektif sangat penting untuk mengurangi dampak bencana. Sekolah dasar merupakan satuan pendidikan yang paling banyak terdampak bencana dan gempa bumi merupakan jenis bencana yang paling berdampak pada satuan pendidikan. Pengurangan risiko bencana sangat diperlukan terutama untuk bencana gempa bumi karena masih rendahnya pengetahuan anak-anak usia sekolah yang merupakan risiko paling rentan saat terjadinya bencana. Untuk mengetahui pengaruh pemberian edukasi gempa bumi dengan media buku pop up terhadap tingkat pengetahuan anak usia sekolah. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan metode  pre eksperimental dengan pendekatan pretest-posttest  without control group design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 38 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan yang berarti yang ditujukan dengan nilai p value 0,000 perbedaan point bermakna ditandai dengan sum of rank sebesar 465,00. Hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test 0,000 yang lebih kecil dari ? = 0,05. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pemberian edukasi gempa bumi dengan media buku pop up terhadap tingkat pengetahuan anak usia sekolah dan dapat meningkatkan pengetahuan anak usia sekolah.

Downloads

Published

2023-03-08

How to Cite

Rahayu, A. M., & Endiyono, E. (2023). Pengaruh Edukasi Gempa Bumi Dengan Media Buku Pop Up Terhadap Tingkat Pengetahuan Anak Usia Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 311–317. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12674