Strategi Guru PAI Dalam Membentuk Kedisiplinan Peserta Didik Di Mts Miftahul Ulum Leces Probolinggo
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12658Abstract
Perilaku disiplin seorang peserta didik merupakan cerminan dari sikap patuh dan taat mereka terhadap aturan sekolah secara terus menerus dan berkelanjutan. Perilaku ini tidak bisa diciptakan secara otodidak sehingga memerlukan sebuah strategi khusus guna mencapai tujuan yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi khusus yang dilakukan oleh guru MTs Miftahul Ulum dalam membentuk kedisiplinan peserta didiknya. Penelitian ini termasuk kedalam bentuk kualitatif deskriptif dengan strategi pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan strategi Miles and Huberman yang meliputi empat tahapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi khusus yang dilakukan oleh guru dalam membentuk kedisiplinan peserta didik MTs Miftahul Ulum didasarkan pada syarat-syarat yang harus dipenuhi guna membentuk kedisiplinan peserta didik melalui pengembangan moral yang dimiliki dalam buku karya Dian Ibung. Hal ini diimplementasikan dalam bentuk (1) membuat tata tertib yang jelas dan berlaku pada seluruh peserta didik tanpa terkecuali; (2) pemberian reward untuk peserta didik yang bisa berlaku disiplin dalam sebuah tata tertib sekolah serta pemberian punishment atau sanksi yang bersifat mendidik bagi siapapun pelaku pelanggaran tata tertib tanpa terkecuali; (3) sosok guru sebagai uswah hasanah dengan memberikan contoh keteladanan yang baik kepada peserta didik, serta (4) menciptakan lingkungan sekolah sebagai support system dalam memaksimalkan perilaku disiplin peserta didikDownloads
Published
2023-03-07
How to Cite
Ummul Karimah, & Prasetya, B. . (2023). Strategi Guru PAI Dalam Membentuk Kedisiplinan Peserta Didik Di Mts Miftahul Ulum Leces Probolinggo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 224–231. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12658
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Ummul Karimah, Beny Prasetya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).