Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pengembangan Sikap Toleransi Beragama Berbasis Pluralisme di SMP Negeri 1 dan 2 Kota Probolinggo
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12652Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pentingnya peran guru PAI dalam pengembangan sikap toleransi di sekolah, khususnya di sekolah umum yang berbasis plural.Jenis metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif-studi kasus. Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara semiterstruktur, observasi, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Toleransi beragama adalah kunci dari terjalinnya ukhuwah yang baik. Indonesia sebagai Negara dengan berbagai macam agama merupakan suatu keniscayaan dalam mengimplementasikan budaya toleransi berbasis pluralisme.Dalam hal ini pendidikan khususnya guru PAI mempunyai peran yang tepat dalam menanamkan sikap toleransi kepada anak didik pada sekolah umum.Langkah yang digunakan oleh guru PAI diantaranya melalui klasifikasi siswa, materi pembelajaran hingga pendekatan secara emosional. Dari beberapa usaha dan peran tersebut terbukti mampu menanamkan sikap toleransi pada peserta didik yang digambarkan dengan proses belajar mengajar yang aman dan saling menghormati di sekolah.Downloads
Published
2023-03-06
How to Cite
Jamila, W. B., & Prasetiya, B. . (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pengembangan Sikap Toleransi Beragama Berbasis Pluralisme di SMP Negeri 1 dan 2 Kota Probolinggo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 169–183. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12652
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Winda Badiatul Jamila, Benny Prasetiya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).