Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pengembangan Sikap Toleransi Beragama Berbasis Pluralisme di SMP Negeri 1 dan 2 Kota Probolinggo

Authors

  • Winda Badiatul Jamila Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo
  • Benny Prasetiya Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12652

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pentingnya peran guru PAI dalam pengembangan sikap toleransi di sekolah, khususnya di sekolah umum yang berbasis plural.Jenis metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif-studi kasus. Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara semiterstruktur, observasi, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Toleransi beragama adalah kunci dari terjalinnya ukhuwah yang baik. Indonesia sebagai Negara dengan berbagai macam agama merupakan suatu keniscayaan dalam mengimplementasikan budaya toleransi berbasis pluralisme.Dalam hal ini pendidikan khususnya guru PAI mempunyai peran yang tepat dalam menanamkan sikap toleransi kepada anak didik pada sekolah umum.Langkah yang digunakan oleh guru PAI diantaranya melalui klasifikasi siswa, materi pembelajaran hingga pendekatan secara emosional. Dari beberapa usaha dan peran tersebut terbukti mampu menanamkan sikap toleransi pada peserta didik yang digambarkan dengan proses belajar mengajar yang aman dan saling menghormati di sekolah.

Downloads

Published

2023-03-06

How to Cite

Jamila, W. B., & Prasetiya, B. . (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pengembangan Sikap Toleransi Beragama Berbasis Pluralisme di SMP Negeri 1 dan 2 Kota Probolinggo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 169–183. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12652