Pembelajaran bahasa Arab berbasis Youtube : Studi di channel Arab podcasts
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12602Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atau mendeskripsikan channel Arab Podcasts sebagai sumber pembelajaran bahasa Arab bagi pemula maupun pelajar perguruan tinggi. Di era serba bisa ini media merupakan yang paling banyak penggunanya, salah satu media yang digunakan ialah youtube. Media youtube bisa digunakan untuk hiburan, podcast maupun pembelajaran dengan banyak fitur serta pencarian yang cepat dan sesuai dengan keinginan. Penelitian ini menggunakan metode kulitatif deskripsi dengan sumber dari jurnal ilmiah, buku, vidio youtube dan artikel. Dari sumber vidio youtube peneliti mengambil 3 judul dari channel Arab Podcasts yaitu (1) “Bahasa Arab dari nol 1 isim isyaroh kata tunjuk di bahasa Arab untuk pemula” (2) “bahasa arab dari nol 2 bertanya apa ini? Apakah ini? Dalam bahasa arab” (3) “belajar bahasa Arab 3, 10 kata tanya isim istifham untuk pemula”. Hasil dari penelitian ini menjelaskan tentang deskripsi yang ada pada channel Arab podcasts, kelebihan dan kekurangan serta pengaruh penonton terhadap konten vidionya. Kata Kunci: Arab Podcast, Youtube, bahasa Arab, PembelajaranDownloads
Published
2023-03-17
How to Cite
Umbar, K. ., Lestari, H. T. ., Suharso, H. K. ., & Hafawah, F. H. (2023). Pembelajaran bahasa Arab berbasis Youtube : Studi di channel Arab podcasts. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 917–925. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12602
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Kisno Umbar; Hanna Tiara Lestari, Hikmad Karunia Suharso, Fardan Hanif Hafawah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).