Pembelajaran bahasa Arab berbasis Youtube : Studi di channel Arab podcasts

Authors

  • Kisno Umbar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Hanna Tiara Lestari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Hikmad Karunia Suharso UIN Syarif Hidayatullah jakarta
  • Fardan Hanif Hafawah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12602

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atau mendeskripsikan channel Arab Podcasts sebagai sumber pembelajaran bahasa Arab bagi pemula maupun pelajar perguruan tinggi. Di era serba bisa ini media merupakan yang paling banyak penggunanya, salah satu media yang digunakan ialah youtube.  Media youtube bisa digunakan untuk hiburan, podcast maupun pembelajaran dengan banyak fitur serta pencarian yang cepat dan sesuai dengan keinginan. Penelitian ini menggunakan metode kulitatif deskripsi dengan sumber dari jurnal ilmiah, buku, vidio youtube dan artikel. Dari sumber vidio youtube peneliti mengambil 3 judul dari channel Arab Podcasts yaitu (1) “Bahasa Arab dari nol 1 isim isyaroh kata tunjuk di bahasa Arab untuk pemula” (2) “bahasa arab dari nol 2 bertanya apa ini? Apakah ini? Dalam bahasa arab” (3) “belajar bahasa Arab 3, 10 kata tanya isim istifham untuk pemula”. Hasil dari penelitian ini menjelaskan tentang deskripsi yang ada pada channel Arab podcasts, kelebihan dan kekurangan serta pengaruh penonton terhadap konten vidionya. Kata Kunci: Arab Podcast, Youtube, bahasa Arab, Pembelajaran

Downloads

Published

2023-03-17

How to Cite

Umbar, K. ., Lestari, H. T. ., Suharso, H. K. ., & Hafawah, F. H. (2023). Pembelajaran bahasa Arab berbasis Youtube : Studi di channel Arab podcasts. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 917–925. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12602