Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sma Kelas X Di Desa Bulu, Purwoasri, Kediri

Authors

  • Ressy Mardiyanti Universitas Wijaya Putra
  • Futy Oktav Milenia Putri Universitas Wijaya Putra
  • Nur Irmayanti Universitas Wijaya Putra

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12597

Abstract

Prestasi belajar siswa merupakan capaian hasil belajar siswa selama proses pembelajaran. Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh 2 faktor, yaitu faktor intern yang berasal dari dalam diri dan faktor ekstern yang berasal dari luar individu, salah satunya adalah pola asuh orang tua, dimana pola asuh merupakan sekumpulan sikap, kebiasaan dan ekspresi non verbal orangtua yang memberi ciri pada sifat interaksi anak dan orangtua dalam menghadapi berbagai situasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan subjek penelitian adalah siswa SMA di desa Bulu, Purwoasri, Kediri. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, dan untuk uji hipotesisnya menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan pada hasil olah data, diperoleh nilai signifikansi (Sig) sebesar 0,205> 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa SMA di Desa Bulu, Purwoasri, Kediri. Besaran pengaruhnya hanya 5,7% dan pola asuh yang banyak dilakukan oleh orang tua yaitu pola asuh permisif sebesar 73%.    Kata Kunci : Pola Asuh, Prestasi Belajar

Downloads

Published

2023-03-04

How to Cite

Mardiyanti, R., Putri, F. O. M. ., & Irmayanti, N. . (2023). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sma Kelas X Di Desa Bulu, Purwoasri, Kediri. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 132–139. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12597

Most read articles by the same author(s)