Pengembangan Bahan Ajar Petunjuk Praktikum Biologi Kelas X IPA SMA/MA

Authors

  • Mellisa Mellisa Universitas Islam Riau
  • Iyen Fatmiati Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12596

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan respon peserta didik terhadap buku petunjuk praktikum Biologi Kelas X SMA/MA di Kecamatan Bunut. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang hanya dilakukan sampai tahap development (Pengembangan). Pengumpulan data dilakukan dengan mengguakan lembar validasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Bunut dan SMAN 2 Bunut. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan bahwa buku petunjuk praktikum Biologi yang dikembangkan sangat valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata presentase 86,67%. Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan bahwa buku petunjuk praktikum Biologi yang dikembangkan sangat valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata presentase 95%. Hasil validasi oleh ahli pembelajaran menunjukkan bahwa buku petunjuk praktikum Biologi yang dikembangkan sangat valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata presentase 95%. Sehingga rata-rata presentase dari para ahli sebesar 93,33% dengan kategori sangat valid. Kemudian rata-rata hasil uji coba terbatas peserta didik dari dua sekolah menunjukkan angka sebesar 85,96% (Sangat Baik). Berdasarkan hasil validasi dan angket uji coba peserta didik, maka dapat dikatakan buku petunjuk praktikum Biologi yang dikembangkan sangat valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran Biologi.

Downloads

Published

2023-03-16

How to Cite

Mellisa, M., & Fatmiati, I. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Petunjuk Praktikum Biologi Kelas X IPA SMA/MA. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 871–879. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12596