Pengembangan Bahan Ajar Petunjuk Praktikum Biologi Kelas X IPA SMA/MA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12596Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan respon peserta didik terhadap buku petunjuk praktikum Biologi Kelas X SMA/MA di Kecamatan Bunut. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang hanya dilakukan sampai tahap development (Pengembangan). Pengumpulan data dilakukan dengan mengguakan lembar validasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Bunut dan SMAN 2 Bunut. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan bahwa buku petunjuk praktikum Biologi yang dikembangkan sangat valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata presentase 86,67%. Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan bahwa buku petunjuk praktikum Biologi yang dikembangkan sangat valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata presentase 95%. Hasil validasi oleh ahli pembelajaran menunjukkan bahwa buku petunjuk praktikum Biologi yang dikembangkan sangat valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata presentase 95%. Sehingga rata-rata presentase dari para ahli sebesar 93,33% dengan kategori sangat valid. Kemudian rata-rata hasil uji coba terbatas peserta didik dari dua sekolah menunjukkan angka sebesar 85,96% (Sangat Baik). Berdasarkan hasil validasi dan angket uji coba peserta didik, maka dapat dikatakan buku petunjuk praktikum Biologi yang dikembangkan sangat valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran Biologi.Downloads
Published
2023-03-16
How to Cite
Mellisa, M., & Fatmiati, I. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Petunjuk Praktikum Biologi Kelas X IPA SMA/MA. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 871–879. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12596
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Mellisa Mellisa, Iyen Fatmiati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).