Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Konseling Individual Pendekatan Realita Siswa Kelas IV ICP Minu Tratee Putera
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12595Abstract
Berdasarkan hasil studi di MINU Tratee Putera diperoleh data bahwa tingkat kesadaran untuk berdisiplin siswa masih rendah. Hal ini ditunjukkan dengan masih banyaknya pelanggaran waktu yang dilakukan oleh siswa. Menurut Wijaya (1991: 18) siswa dikatakan disiplin dapat dilihat dari beberapa indikator berikut: melaksanakan waktu dengan baik, taat terhadap kebijakan yang berlaku, menguasai diri dan introspeksi (mempunyai sense of responsibility). Indisipliner waktu yang banyak dilakukan antara lain adalah hampir setiap hari terdapat peserta yang datang terlambat rata-rata pada kisaran 1,6%. Siswa yang tidak masuk sekolah tanpa keterangan adalah sebesar 25%. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui Konseling Individual dengan Pendekatan Realita dalam meningkatan Motivasi Belajar pada siswa kelas IV ICP MINU Tratee Putera. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di MINU Tratee Putera Gresik Propinsi Jawa Timur. MINU Tratee Putera mempunyai rombongan belajar sebanyak 18, Dengan jumlah guru sebanyak 35 orang guru dan 10 Tenaga Kependidikan. Data nilai dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II menunjukan adanya peningkatan. Juga meningkatnya ketaatan terhadap waktu menggunakan Kontrak Perilaku. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa Konseling Individual dengan Pendekatan Realita dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV ICP MINU Tratee Putera Gresik.Downloads
Published
2023-03-20
How to Cite
Munawar, M., Retnaningsih, E. ., Musdalifah, M., & Hidayati, E. C. . (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Konseling Individual Pendekatan Realita Siswa Kelas IV ICP Minu Tratee Putera. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1196–1201. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12595
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Munawar Munawar, Endah Retnaningsih, Musdalifah Musdalifah, Erwin Catur Hidayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).