Analisis Framing Peristiwa Gempa Bumi di Garut pada Media Online CNN.Indonesia.com dan Kompas.com (Model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki)

Authors

  • Eva Silviana Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hendra Setiawan Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12591

Abstract

Analisis framing gempa bermagnitudo 6,4 yang melanda Garut, Jawa Barat, menjadi pokok bahasan penelitian ini. Dalam dua media online  yaitu, Kompas.com dan CNNIndonesia.com Tujuannya adalah untuk melihat bagaimana CNNIndonesia.com dan Kompas mengkonstruksi realitas terkait gempa. Selain itu, periksa untuk melihat acara mana yang ditekankan atau tidak. Hasil Penelitian Teknik analisis framing yang dikembangkan oleh Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki digunakan dalam penelitian kualitatif ini. Mengenai cara menyajikan berita tentang gempa bumi, CNNIndonesia.com dan Kompas.com menunjukkan perbedaan dan persamaan, menurut temuan penelitian tersebut. Kedua media memiliki perspektif yang berbeda tentang gempa ini. Menurut CNNIndonesia.com, gempa yang melanda Garut itu mengejutkan warga dan memicu perbincangan publik. Sementara itu, media Kompas.com memberitakan Jakarta, Bogor, Depok, Tasik, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) merasakan gempa tektonik bermagnitudo 6,4.

Downloads

Published

2021-03-04

How to Cite

Silviana, E. ., & Setiawan, . H. . (2021). Analisis Framing Peristiwa Gempa Bumi di Garut pada Media Online CNN.Indonesia.com dan Kompas.com (Model Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 107–116. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12591