Kompetensi Sosial Guru PAK Dan Citra Diri Siswa Serta Kontribusinya Terhadap Minat Belajar

Authors

  • Thomson Siallagan Sekolah Tinggi Teologi Baptis Medan
  • Sorimuda Sarumpaet Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta
  • Sozanolo Zamasi Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta
  • Hasahatan Hutahaean Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta
  • Rossinta Sembiring STT Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12528

Abstract

Guru dan siswa memiliki waktu tatap muka yang lama setiap hari di Sekolah. Dalam hal menumbuhkan minat belajar, guru dituntut memiliki berbagai kompetensi sesuai amanat UU Pendidikan. Di sisi lain, citra diri siswa juga diduga turut andil dalam minat belajarnya. Penelitian bertujuan mengetahui signifikansi Kompetensi Sosial Guru PAK dan Citra Diri PAK terhadap Minat Belajar PAK Siswa. Menggunakan metode kuantitatif dengan mengumpulkan data ex post facto, melalui kuesioner dengan 30 item pertanyaan. Pengumpulan data berasal yang telah terjadi sebelumnya. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan variabel kompetensi sosial guru PAK (X1) terhadap minat belajar PAK siswa (Y). Selanjutnya terdapat kontribusi yang signifikan dari citra diri siswa PAK (X2) terhadap minat belajar PAK siswa (Y). Dan secara bersama-sama terdapat kontribusi yang signifikan kompetensi sosial guru PAK (X1) dan citra diri PAK (X2) terhadap minat belajar PAK siswa (Y). Guru bersama Yayasan (pengelolah dengan sebutan yang lain) agar memiliki spirit maximum effort dalam meningkatkan kompetensi sosial guru seperti tertuang dalam undang-undang pendidikan demi wujudnya mutu pendidikan bangsa.

Author Biographies

Sorimuda Sarumpaet, Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta

Prodi Teologi

Sozanolo Zamasi, Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta

Prodi PAK

Hasahatan Hutahaean, Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta

Prodi Teologi

Rossinta Sembiring, STT Sumatera Utara

Prodi PAK

Downloads

Published

2023-04-06

How to Cite

Siallagan, T., Sarumpaet, S., Zamasi, S., Hutahaean, H., & Sembiring, R. (2023). Kompetensi Sosial Guru PAK Dan Citra Diri Siswa Serta Kontribusinya Terhadap Minat Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2866–2876. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12528